Butuh Penanganan Serius Pemkab, Kondisi Pasar Oleh-oleh Mamuju Memprihatinkan

oleh -213 views
TAK TERURUS. Kondisi pasar oleh-oleh Mamuju kian memprihatinkan, Rabu 20 November 2019.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Bau menyengat dari kotoran dan bangkai binatang menyambut saat memasuki bangunan pasar oleh-oleh di Mamuju yang terbengkalai. Padahal Pemkab Mamuju telah menggelontorkan anggaran Rp280 juta untuk renovasi tahun ini.

Sementara sejumlah fasilitas di dalamnya belum memadai. Pintu kios atau los tempat berjualan banyak yang rusak, rangka baja bekas berserakan, sampah juga menumpuk di dalamnya.

Dikonfirmasi terkait kondisi ini, Bupati Mamuju, Habsi Wahid mengatakan, sudah memerintahkan Disdag Mamuju supaya bangunan tersebut dijadikan pasar oleh-oleh. Namun, hingga pengerjaannya berakhir, progresnya belum dilaporkan.

“Barangkali Disdag masih menyusun langkah-langkahnya untuk mengarahkan pedagang ke dalam. Tapi susah juga karena kepala dinasnya mengundurkan diri,” kata Habsi.

Seharusnya, lanjut Habsi, Kepala Disdag Mamuju Sitti Sutinah Suhardi masih bertugas. Karena Surat Keputusan (SK) pemberhentiannya belum terbit.

Kepala Bidang Penguatan, Pengawasan Sarana dan Distribusi Perdagangan Disdag Mamuju, Muhammad Taslim tak menampik, jika renovasi hanya menyentuh bagian luar gedung tersebut. Taslim beralasan, jika Disdag Mamuju keterbatasan anggaran.

Taslim menyebut, dalam waktu dekat bakal meminta bantuan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dan Satuan Pamong Polisi dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Mamuju untuk melakukan pembersihan bagian dalam gedung.

“Kami akan minta bantuan. Setelah bersih kami buka pendaftaran bagi pedagang yang mau berjualan di dalam,” kata Taslim.

Taslim mengatakan, belum mengetahui persis berapa jumlah pedagang yang diterima nantinya. Namun, estimasinya 100 orang pedagang. Untuk diketahui, renovasi bangunan tersebut dikerjakan CV Sinar Jaya Nusantara. Anggarannya berasal dari APBD tahun anggaran 2019, senilai Rp281 juta. (idr/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *