Disnakertrans Mamasa Gelar Hari Bakti Transmigrasi

oleh -314 views

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Mamasa menggelar apel bersama dalam rangka Hari Bakti ke-69 Transmigrasi. Berlangsung di kawasan Transmigrasi Rano, Desa Mehalaan Barat, Kecamatan Mehalaan, Kamis 12 Desember.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Mamasa Marthinus Tiranda selaku pembina apel. Pada kesempatan itu, hadir pula Kepala Dinas Pertanian Mambu, Kepala Dinas Sosial, Imanuel dan Kepala Disnakertrans selaku penyelenggara.

Kegiatan ini juga diikuti hampir seluruh warga Transmigrasi Rano yang dihuni kurang lebih 215 warga baik transmigrasi penduduk setempat (TPS) maupun transmigrasi penduduk asal (TPA).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda menyampaikan sambutan Menteri Desa Tertinggal Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Marthinus mengatakan, kawasan transmigrasi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Ia menyebutkan, sejumlah kontribusi program transmigrasi diantaranya yaitu membuka keterisolasian daerah. Setidaknya ada 2,2 juta KK atau kurang lebih 8,8 jita jiwa menjadi warga transmigrasi di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Selain itu, dalam lima tahun terakhir program transmigrasi telah mendukung percepatan terurusnya sertifikat tanah transmigrasi sebanyak 133,20 bidang tanah.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hermin Lullulangi mengatakan, sedianya peringatan Hari Bakti Transmigrasi dilaksanakan pada Senin pekan depan di kantor bupati. Namun ia berinisiatif melaksanakan kegiatan Hari Bakti Transmigrasi kemarin di kawasan Transmigrasi Rano.

Hal itu bertujuan agar sekiranya wakil bupati bisa berbaur langsung bersama warga transmigrasi. Ia menyebutkan, jumlah warga Transmigrasi Rano yang ada saat ini sebanyak 215 KK, namun ada penambahan sebanyak 30 KK pada tahun 2020.

Dengan jumlah itu, Hermin menyatakan daya tampung Transmigrasi Rano suda tidak memungkinkan dilakukan penambahan. “Daya tampung Transmigrasi Rano kita nyatakan ditutup, setelah mencukupi 250 KK kita,” kata Hermin. (sam/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *