Kajati: Kades Jangan Salahgunakan Dana Desa

oleh -105 views
MENJELASKAN. Kajati Sulbar Darmawel Aswar memberikan penjelasan kepada kepala desa dan lurah se Kabupaten Mamuju di ruang pola kantor Bupati Mamuju, Rabu 15 Januari 2020.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat Darmawel Aswar menekankan kepada kepala desa (Kades) agar menggunakan dana desa tepat sasaran dan tidak disalah gunakan. Jika tidak, akan berdampak hukum.

Hal ini ia sampaikan di hadapan pimpinan OPD lingkup Pemkab Mamuju, serta kepala desa dan lurah se Kabupaten Mamuju, Rabu 15 Januari. Kajati sampaikan saat menjadi narasumber di acara edukasi dan sosialisasi pengelolaan dana desa/alokasi dana desa dan alokasi dana kelurahan bagi para kepala desa dan lurah se Kabupaten Mamuju.

“Ini kami laksanakan karena, dana desa banyak keluhan serta hambatan dirasakan kepala desa dalam mengiplementasikan dana desa sehingga digagaslah pertemuan ini untuk mencari hal apa yang terbaik yang harus dilakukan kepala desa,” kata Darmawel.

Ia menambahkan kerap terjadi di lapangan, ketika kepala desa mau bekerja. Kemudian ada yang datang ingin menganggu dan mengintervensi apa yang dikerjakan kepala desa.

“Pengawasan terus kita lakukan secara bersama-sama sejak dari awal, Kejaksaan punya lembaga yang memiliki tugas pokok dan fungsu ini bisa membantu kepala desa dalam mengimplementasikan dana desa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Kajati mengingatkan hati-hati dalam penggunaan dana desa, alokasi dana desa dan dana kelurahan yang bersumber dari APBN maupun yang bersumber dari APBD.

“Jangan disalah gunakan untuk kepentingan pribadi, para kepala desa bersama aparatnya akan tetapi digunakan untuk membiayai pembangunan di desa. Sesuai arahan Presiden, Indonesia membangun dari pinggir dalam arti mulai dari pedesaan,” tandasnya. (idr/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *