Dana Kelurahan Tahun Kedua Segera Direalisasikan

oleh -203 views

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Realisasi dana keluarahan untuk Kabupaten Mamuju tahun kedua mengalami peningkatan.

Seluruh instansi kelurahan di wilayah pemerintahan Kabupaten Mamuju dipastikan tahun ini akan menerima alokasi dana yang digelontorkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang akan digunakan untuk memaksimakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dana kelurahan di Mamuju pada tahun ini terbilang besar. Totalnya mencapai sekira Rp 4,9 miliar. Jika dibagi rata 13 kelurahan bakal mendapat Rp381 juta.

Nilai dana kelurahan tahun ini bertambah. Tahun lalu, masing-masing kelurahanya hanya mendapat Rp370 juta. Hal tersebut terjadi lantaran pertimbangan dari pemerintah pusat. Alasanya realisasi dana kelurahan dianggap bagus.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mamuju, Budianto Muin mengatakan, dana kelurahan bakal disalurkan dua tahap, masing-masing 50 persen. Untuk pencairannya, ada beberapa persyaratan perlu dipenuhi kelurahan. Salah satunya laporan realisasi tahap sebelumnya.

“Tahun kemarin (2019, red) agak terlambat penyalurannya karena aturannya juga terlambat turun, jadi baru bisa tersalurkan pada Juli. Tapi, kalau tahun ini bisa lebih cepat, karena dari awal sudah direncanakan” kata Budianto, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa 4 Februari.

Budianto menekankan, supaya warga mengawasi penggunaan dana kelurahan. Dana tersebut harus dimaksimalkan. Tidak ada alasan tidak merealisasikannya dengan baik.

“Manfaatkan dana kelurahan ini dengan baik, seefektif dan seefisien mungkin untuk kebutuhan warga,” tandas Budianto. (idr/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *