Kemajuan Sektor Pertanian, Enny: Sinergitas Semua Pihak Kunci Utamanya

oleh -170 views
DIALOG. Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeny Anwar berdialog dengan peserta Temu Tugas Peneliti Penyuluh Badan Litbang Pertanian Maju, Mandiri, dan Modern di auditorium lantai IV Kantor Gubernur Sulbar, Rabu 5 Februari 2020.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeny Anwar membuka secara resmi acara Temu Tugas Peneliti Penyuluh Badan Litbang Pertanian Maju, Mandiri, dan Modern di Sulawesi Barat. Berlangsung di auditorium lantai IV Kantor Gubernur Sulbar, Rabu 5 Februari.

Dalam sambutannya Wagub Sulbar, Enny Anggraeny Anwar mengatakan, pembangunan pertanian maju mandiri dan modern berbasis revolusi industri 4.0 memerlukan kesiapan dari seluruh aspek, dengan dukungan inovasi teknologi.

“Suatu pertanian yang maju membutuhkan pemikiran yang maju, cerdas, dan berkembang dengan akselerasi pemanfaatan inovasi teknologi, pertanian mandiri menunjukkan bahwa suatu sistem pertanian yang bersiri sendiri, tidak bergantung atau mengandalkan impor, dan modern mempunyai makna berkembang sesuai dengan zaman serta dengan dukungan informasi teknologi dan input biaya rendah,” kata Enny.

Ia menambahkan sinergitas peneliti penyuluh Badan Litbang Pertanian dengan penyuluh daerah se Sulawesi Barat mempunyai makna penting dalam pembangunan pertanian di Sulawesi Barat.

BPTP Balitbangtan Sulawesi Barat dengan mandat sebagai lembaga pengkajian dari Kementerian Pertanian mempunyai tugas melaksanakan pengkajian, perakitan, pengembangan, dan diseminasi teknologi telah menghasilkan sejumlah inovasi teknologi.

“Akselerasi adopsi inovasi teknologi pertanian dalam upaya peningkatan produksi dan pendapatan pertanian perlu segera dilakukan oleh penyuluh daerah di masing-masing wilayah kerja dan binaan. Saya berharap agar dapat terus dapat meningkatkan kerja dan sinergitas antara instansi terkait dan stakeholder dalam memajukan pertanian maju, mandiri, dan modern di Sulawesi Barat,” tambahnya.

Sedangkan, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulbar, Nurdiah Husnah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan antara peneliti dan penyuluh yang ada di Balitbangtan dengan penyuluh yang ada di Provinsi Sulbar, untuk membangun bagaimana komitmen kita dan sinergi yang akan kita bangun dalam rangka pelaksanaan berbagai program-program strategis pertanian yang ada di Sulawesi Barat.

“Dengan tema bersinergi menuju pertanian maju, mandiri, dan modern di Sulawesi Barat ini diharapkan menjadi penggerak bagi para peneliti dan penyuluh yang ada di BPTP maupun yang ada di daerah untuk bersinergi dengan baik dan berkomitmen dengan kuat untuk memajukan pertanian di Sulawesi Barat,” ungkap Nurdiah.

Pertemuan tersebut diikuti 150 peserta yang merupakan penyuluh dari enam kabupaten dan kota se Sulawesi Barat. (hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *