Peningkatan SDM Prioritas Bawaslu

oleh -114 views
Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Usman Sanjaya saat menjadi narasumber pada kegiatan Rapat Kerja Peningkatan Kapasitas SDM di Hotel B’Nusabila, Majene, Selasa 18 Februari 2020.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Kesiapan aparatur pengawas pemilihan Bupati dan Wakil Bupati harus terukur, guna memastikan pelaksanaan pengawasan tahapan pemilihan berjalan dengan apa yang menjadi amanah dalam undang-undang.

Olehnya itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Majene menggelar Rapat Kerja Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Majene.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan di wilayah kerja Kabupaten Majene itu juga bertujuan untuk menjalin kesepahaman dalam rangka rekrutmen Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kabupaten Majene yang tahapan perekrutannya tengah berjalanan di wilayah kecamatan.

Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Usman Sanjaya yang hadir dan membuka secara resmi kegiatan tersebut menuturkan Panwaslu Kecamatan akan mengambil peran yang sangat besar dalam pelaksanaan pengawasan tahapan pemilihan.

“Soliditas, integritas, mentalitas dan profesionalitas harus dimiliki oleh Panwaslu Kecamatan dalam mengemban peran besar dalam melakukan pengawasan pemilihan tersebut,” kata Usman, di Hotel B’Nusabila, Selasa 18 Februari 2020.

Usman menambahkan dalam melaksanakan fungsinya Panwaslu Kecamatan harus mengedepankan fungsi koordinasi di lingkungan sekretariatnya, fungsi tersebut terkoordinasikan oleh Ketua dan Anggota selaku koordinator divisi.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban Panwaslu Kecamatan diperkuat dengan pembagian divisi yakni divisi sdm, organisasi dan data dan informasi, divisi pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga serta divisi hukum, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa,” ungkap Usman yang juga bertindak sebagai Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Orgnisasi.

Di tempat yang sama, Anggota Bawaslu Kabupaten Majene, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Muh. Dardi mengungkapkan kegiatan ini guna untuk ‘merefresh’ pengetahuan Panwaslu Kecamatan khususnya dalam persiapan pengawasan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa.

“Melalui kegiatan ini Kordiv. SDM sebagai penanggung jawab pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa dapat menjalan tugasnya dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis tanpa mengalami kendala, sementara bagi Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan bagaimana dapat memahami tugas dan fungsinya dalam mendukung kerja-kerja pengawasan di wilayah kerja kecamatannya,” tegas Dardi. (hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *