Program Jaksa Garda Desa Dimulai di Polman

oleh -369 views
Rapat koordinasi sosialisasi program Jaksa Garda Desa di ruang pola Kantor Bupati Polman,

POLEWALI, SULBAR EXPRESS – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Barat menggelar rapat koordinasi bersama para camat dan kepala desa se-Kabupaten Polman, kegiatan sosialisasi ini digelar di ruang pola Kantor Bupati Polman dalam rangka pelaksanaan program Jaga Desa. (Jaksa Garda Desa), Rabu 19 Februari.

Program tersebut merupakan bentuk perhatian kejaksaan kepada Sulbar untuk mengawal penggunaan dana desa, Apalagi saat ini Gubernur Sulbar juga merilis program Marasa menggunakan dana APBD yang dibagikan ke desa desa.

“Melalui Jaksa Garda Desa Kami mau bagaimana caranya dana desa dan program Marasa berjalan sesuai aturan,” ujar Kepala Kejati Sulbar, Darmawel Azwar ketika ditemui usai kegiatan.

Terpenting dari program jaksa garda desa, sambung Darmawel adalah bagaimana supaya dana desa yang sudah sekian besar dianggarkan oleh Presiden, ditambah alokasi dana desa dan program Marasa dari APBD bisa diimplementasikan sesuai keinginan masyarakat desa.

“Kami tidak ingin dana tersebut disalahgunakan dipakai untuk kepentingan pribadi, padahal ini uang negara,” jelas Darmawel.

Menurutnya, dana desa yang disalahgunakan tidak sesuai hasil musyawarah masyarakat desa berpotensi berdampak pada penindakan secara hukum dimulainya penyidikan tindak pidana korupsi.

“Jangan sampai gunakan uang negara tanpa prosedur, Desa yang harusnya jadi lebih baik malah tambah miskin, kita mau sesuai nawacita Presiden pembangunan itu harus berasal dari daerah pinggiran atau desa,” kata Darmawel.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat (DPMPD) Polman, Azwar Jasin Sauru, berharap rapat koordinasi tersebut dapat mengedukasi para kepala desa agar lebih terarah dalam pengelolaan pemanfaatan dana desa.

“Kepala desa yang tidak hadir kami evaluasi, kami akan kirimkan surat, karena kegiatan ini memang penting, bagaimana upaya kami melakukan pembinaan kepada para kepala desa,” tuturnya.

Rapat koordinasi jakaa garda desa ini selain dihadiri Kepala Kejati Sulbar, Darmawel Azwar, juga turut hadir sebagai narasumber Kepala BPKP Sulbar Hasoloan Manalu dan Kasi Intel Kejari Polman, Iwan Mex Namara.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *