Cegah Virus Corona di Lapas, Warga Binaan Diimbau Hidup Sehat

oleh -149 views
>SOSIALISASI. Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju, Kawitono saat memberikan materi kepada warga binaan di Lapas Mamuju, Selasa 10 Maret 2020

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Mewabahnya virus corona di Indonesia membuat sebahagian masyarakat resah. Sehingga penting untuk melakukan sosialisasi mengenai cara untuk mencegah.

Begitu pula dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Mamuju yang diberikan pemahaman terkait virus corona.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju, Kawitono mengatakan, WBP diberi pemahaman mengenai langkah-langkah pencegahan. Mulai dari proses cuci tangan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) hingga gejala dan dampak virus tersebut.

“Penderita yang terjangkit virus corona jenis baru ini umumnya akan mengalami gejala seperti demam, flu, sesak nafas, batuk-batuk, sampai sakit pernafasan ringan hingga berat,” ucap Kawitno, Selasa 10 Maret.

Kawitno menyarankan, bagi WBP yang sedang batuk dan flu agar menggunakan masker. Kalau tak ada bisa meminta masker kepada petugas rutan.

Kepala Rutan Kelas IIB Mamuju, I Gusti Lanang memerintahkan, setiap WBP agar selalu menjaga kebersihan rutan. Mulai dari tempat tidur, kamar hunian, kamar mandi dan tempat makan.

I Gusti Lanang menambahkan, bakal menyediakan masker bagi WBP. Suhu tubuh pegawai rutan dan WBP serta pengunjung juga diperiksa setiap harinya. Jika kondisi kesehatan menurun, bisa langsung melapor dan bisa segera ditangani.

“Kami sudah sediakan keran cuci tangan di setiap blok. Kalau masker akan kami sediakan tapi saat ini terkendala stok. Masker lagi langka. Tapi kami akan usahakan,” terang I Gusti Lanang.

I Gusti Lanang berharap, seluruh warga binaan dan pegawai rutan menjaga kebersihan diri dan lingkungannya agar terhindar dari berbagai macam penyakit. (idr/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *