Personel Polres Matra Ikuti Psikotes, Kapolres: Syarat Mutlak Pinjam Pakai Senpi

oleh -114 views
PISIKOLOGI. Puluhan personel Polres Matra mengikuti Mapping Pisikologi sebagai salah satu syarat mutlak dalam pinjam pakai senpi organik Polri di aula Wirasatya Mapolres Matra, Rabu 11 Maret 2020.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Jajaran Polres Mamuju Utara (Matra) kembali mengikuti kegiatan rutin semester Mapping Psikologi bagi personel pengguna senjata api (Senpi). Kegiatan yang diikuti puluhan personel dilaksanakan Biro SDM Polda Sulbar, di aula Wirasatya Mapolres Matra, Rabu 11 Maret.

Mewakili Kabiro SDM Polda Sulbar, Paur Subbagpsipers Iptu Ganesha Bayua Putra mengungkapkan, bahwa Mapping Pisikologi kali ini diikuti puluhan personel Polres Matra yang terdiri dari perwira maupun bintara.

Dijelaskannya, salah satu tujuan dilakukannya pisikotes untuk personel pemegang senpi di lembaga Kepolisian adalah sebagai salah bentuk antisipasi dan pencegahan penyalahgunaan senjata yang diakibatkan terganggunya kemampuan pengendalian emosi.

Menurutnya, tes psikologi bagi anggota polisi pemegang senjata api adalah merupakan syarat mutlak dan wajib untuk dilakukan setiap enam bulan sekali. Dan otomatis tes psikologi ini sifatnya wajib bagi anggota pemegang senpi.

Disamping penilaian dari atasan yang bersangkutan, dalam tes ini anggota dites dari segi kecerdasan dan kepribadiannya dalam pengendalian diri dan kestabilan emosi.

“Setelah tes psikologi ini, nantinya bagian SDM Polda Sulbar akan langsung mengumumkan hasilnya, dan jika memang tidak memenuhi syarat secara otomatis akan berimplikasi pada kemungkinan yang bersangkutan tidak diperbolehkan memegang senpi dan tentunya senpi akan ditarik,” ungkapnya.

Iptu Ganesha berharap, pada pelaksanaan Mapping ini agar personel mengamati dan membaca soal dengan seksama agar pada saat menjawab tidak terburu-buru dan jawabannya tidak keliru.

Saat dikonfirmasi di tempat yang berbeda, Kapolres Matra AKBP Leo H Siagian berterima kasih kepada Biro SDM Polda Sulbar yang telah datang ke Polres Matra melakukan Mapping Psikologi bagi calon pengguna senpi.

“Saya juga sangat berharap kepada personel agar dapat mengikutinya dengan baik sebagai salah satu syarat untuk pinjam pakai senpi organik Polri,” singkat AKBP Leo. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *