Memasuki Tahapan Vertual Dukungan Calon Perseorangan, KPU Pasangkayu Lakukan Bimtek PPK

oleh -191 views
SAMPAIKAN MATERI. Komisoiner KPU Pasangkayu Devisi Teknis Harlywood saat memberikan materi dalam bimtek PPK se Kabupaten Pasangkayu, di aula Hotel Mutiara, Senin 16 Maret 2020.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS -Memasuki tahapan verifikasi faktual (Vertual) bagi bakal pasangan calon perseorangan, KPU Kabupaten Pasangkayu melaksanakan bimbingan teknis kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Bimtek yang diikuti oleh 60 orang PPK dari 12 kecamatan se Kabupaten Pasangkayu yang dilaksanakan Senin lalu membahas tentang tara cara dan mekanisme vertual dukungan bakal pasangan calon perseorangan pilkada Pasangkayu tahun 2020.

Menurutnya, secara teknis vertual calon perseorangan dilaksanakan oleh PPS dan tugas PPK adalah melakukan rekapitulasi hasil vertual dan monitoring terhadap progres kerja PPS di lapangan.

“Termasuk pendampingan terhadap PPS yang melakukan vertual,” sebut Komisoner KPU Devisi Teknis Harlywood yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa 17 Maret.

Ia menjelaskan, bahwa tahapan pelaksanaan vertual dimulai tanggal 2 hingga 15 April 2020. Dimulai dari tahapan persiapan vertual, antara lain pertama, PPS mengatur sistem kerja vertual dengan ketentuan membagi wilayah kerja, membagi nama yang akan divertual, memastikan seluruh dokumen yang akan digunakan telah tersedia.

Kedua, mengundang PPL dan menyampaikan kepada PPL seluruh nama-nama yang akan divertual. Ketiga berkoordinasi dengan kepala desa dan kepala dusun terkait pelaksanaan vertual dan kemungkinan alamat setiap pendukung yang diketahui oleh kepala dusun.

Kemudian dalam tahapan proses verifikasi vaktual PPS akan melakukan yang pertama mendatangi setiap tempat tinggal pendukung yang telah dinyatakan memenuhi syarat administratif untuk mencocokkan kebenaran nama dan alamat pendukung, serta dukungannya kepada bakal pasangan calon perseorangan.

Kedua, berkoordinasi dengan bakal pasangan calon perseorangan dan/atau tim penghubung untuk menghadirkan seluruh pendukung di wilayah desa atau kelurahan pada waktu dan tempat yang telah ditentukan untuk mencocokkan dan meneliti kebenaran dukungan. Apabila pendukung tidak dapat ditemui guna mencocokkan dan meneliti kebenaran dukungan.

Selanjutnya, ketiga mencocokkan kebenaran nama dan alamat pendukung, serta dukungannya kepada bakal pasangan calon perseorangan, bagi pendukung yang tidak hadir pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dan datang langsung ke kantor PPS paling lambat sebelum batas akhir vertual.

Dan yang keempat, mencocokkan kebenaran nama dan alamat pendukung, serta dukungannya kepada bakal paslon perseorangan terhadap dukungan ganda pada formulir model BA. 4-KWK perseorangan. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *