Pencegahan Covid-19, PPNI Sulbar Soroti Perawat Pake Jas Hujan

oleh -379 views

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 masuk ke wilayah Sulbar semua akses transportasi dijaga ketat.

Namun, para petugas yang berada dilapangan seperti di Pelabuhan Passarang Majen hanya menggunakan jas hujan dalam bertugas dilapangan.

Menanggapi itu, Ketua DPW PNNI Sulbar Arman mengatakan ini perlu menjadi perhatian pemerintah kepada para perawat yang berada di garda depan melawan virus Covid-19.

“Saya kira ini menjadi pemandangan yang menyedihkan, dimana perawat adalah bagian terpenting sebagai garda terdepan penangana Covid -19 baru menggunakan alat seadanya (Jas Hujan),” kata Arman.

Ia menambahkan para perawat dituntut untuk bekerja secara totalitas, namun tidak dibarengi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang tidak memadai apalagi menggunakan jas hujan sangat disayangkannya.

“Kita ingin Totalitas dalam bekerja, , tapi kalau kondisinya seperti ini, dengan Apd seadanya, Pakai jas hujan kawan tenaga medis dan Perawat akan bekerja dengan kehawatiran. Saya kira Pemerintah baik kabupaten dan provinsi harus serius menjamin ketersedian APD yang Standar,” tambahnya.

Arman juga menyampaikan apalagi saat berada di rumah sakit pihaknya juga meminta agar ditambah sip-sipnya, dimana yang tadinya 3 Sip harus ditambah menjadi 4 Sip.

“Termasuk Puskesmas Jangan luput dari perhatian dimana mereka adalah tempat pelayanan dasar,” ungkap Arman.

Sedangkan, Kepala Dinas Kesehatan Sulbar dr.Muhamad Alif Satria menganggap penggunaan alat seadanya seperti jas hujan dianggap hal masih wajar.

“Itu bisa saja pak,” ucap dr. Alif.

Selain itu, lanjut dr.Alif meminta agar semua Dinas Kesehatan Kabupaten untuk memerhatikan semua petugasnya yang berada dilapangan untuk disediakan alat yang memadai.

“Diharapkan juga kabupaten menyiapkan dengan anggaran yang tersedia,” tandasnya.(hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *