Sambut HUT ke-12, Bawaslu Sulbar Gelar Donor Darah

oleh -206 views
Ketua bawaslu Sulbar Sulfan Sulo melakukan aksi donor darah.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada tanggal 9 April 2020 genap memasuki usia 12 Tahun. Bukan tanpa rintangan, Bawaslu telah menancapkan eksistensinya lebih dari satu dasawarsa dalam mengawal demokrasi di Indonesia, melalui berbagai tugas, fungsi dan kewenangan yang diembannya.

Melalui fungsi pengawasan, Bawaslu mampu mengawasi proses pemilu atau pemilihan dalam setiap tahapan, melalui fungsi pencegahan dan penindakan, Bawaslu mampu mencegah dan menindak setiap pelanggaran pemilu yang terjadi, kemudia melalui fungsi penyelesaian sengketa, Bawaslu mampu menyelesaiakan kisruh kepentingan antara peserta dan penyelenggara maupun antar peserta pemilu atau pemilihan, melalui fungsi hukum dan kehumasan, Bawaslu mampu menciptakan produk hukum yang terintegrasi dan memenuhi kepastian hukum pelaksanaan pemilu atau pemilihan, menciptakan wajah lembaga yang mampu memenuhi setiap kebutuhan publik melalui pelayanan informasi dan menimbulkan trust effect yang baik dimasyarakat, serta terus memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya melalui fungsi keorganisasi dan optimalisasi SDM.

Menyambut euforia Hari Ulang Tahun (HUT) Bawaslu tersebut, Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat merangkai beberapa kegiatan sebagai bentuk rasa syukur dan selamat atas eksistensi dan berbagai upaya Bawaslu dalam mewujudkan pemilu atau pemilihan yang luber jurdil.

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Awaluddin Mustafa mengungkapkan bahwa saat ini Bawaslu Sulbar telah merangkai tiga kegiatan dalam menyambut HUT Bawaslu ke-12.

“Pertama aksi donor darah, kedua pembagian sembako, ketiga pembagian Alat Pelindung Diri (APD), terakhir kami tutup dengan doa bersama,” kata Awaluddin, Selasa 7 April.

Ia menambahkan bahwa tepat hari ini Bawaslu Sulbar telah melaksanakan aksi donor darah, selain untuk memperingati HUT Bawaslu, juga sebagai bentuk kepedulian sesama.

“Hari ini, donor darah kami lakukan dan telah selesai, sebagai bentuk kepedulian, seluruh jajaran Bawaslu Sulbar dari komisioner dan jajaran kesekretariatan secara sukarela menyumbangkan sebagaian darahnya untuk kemanusiaan,” tambahnya.

Awaluddin juga menyampaikan memperingati HUT Bawaslu ditengah pandemik Covid-19 ini, dia menuturkan bahwa Bawaslu Sulbar juga akan melaksanakan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, hand sanitizer dan sarung tangan kepada masyarakat yang tidak mampu.

“Mencegah penyebaran Covid-19 atau yang lebih dikenal corona, pada momentum ini kami juga akan membagikan APD untuk masyarakat yang tidak mampu,” ungkap Awaluddin.

Ia berharap agar seluruh rangkain kegiatan Bawaslu Sulbar ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat dan membantu memudahkan penanganan penyebaran virus corona khususnya di Sulawesi Barat.

“Semoga apa yang kita lakukan ini dapat memberi manfaat, terkhusus kepada masyarakat yang memperoleh bantuan dan bernilai ibadah bagi jajaran Bawaslu Sulbar yang suka rela memberikan bantuannya,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Usman Sanjaya juga berharap melalui momentum HUT Bawaslu yang ke 12 Tahun ini, eksistensi Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu/pemilihan semakin terasa di masyarakat.

“Termasuk rangkaian kegiatan donor darah, pembagian masker, hand sanitizer serta sarung tangan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat Sulbar sebagai bentuk perlawanan kita terhadap pandemi corona,” tandasnya. (idr/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *