Pansus Covid-19 Minta Masyarakat Awasi Penyaluran Bansos

oleh -186 views

POLEWALI, SULBAR EXPRESS – Tim Panitia Khusus (Pansus) II Bidang Penanganan pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) DPRD Polman bersama Ketua Pansus I M. Ilham sambangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ( DPMPD) Polman, Selasa 12 Mei.

Rombongan tersebut menemui Kepala DPMPD Polman, Azwar Jasin Sauru memantau perkembangan proses pembagian bantuan sosial yang bersumber dari dana desa.

Ketua Pansus II DPRD Polman, Agus Pranoto mengungkapkan semua masyarakat harus dilibatkan mengawasi penyaluran bansos agar tepat sasaran bagi warga yang berhak mendapatkan.

“Sekarang kan sudah ada musyawarah tingkat desa, jadi nanti masyarakat desa itu selain menerima dana dari APBN yang 11 ribu paket itu juga akan menerima dana dana desa yang 30 persen,” ujarnya.

Selain itu, Agus Pranoto meminta regulasi dipermudah sehingga para kepala desa segera mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Diutamakan dulu kalau dana desa APBD belum selesai minimal BLT nya dulu dicairkan,” imbuhnya.

Ia berharap dengan peran serta pengawasan masyarakat terhadap bansos berupa BLT baik dari pemerintah pusat maupun daerah bisa tepat sasaran. Sehingga apabila terjadi kesalahan data segera diperbaiki.

“Harapan kami forum desa itu segera dibentuk dan akan dimonitoring semua pihak, selain anggaran dari pusat, saya berharap APBD juga bisa mencover itu, apalagi APBD kita besar kalau tidak salah Rp130 miliar,” ucap Agus.

Terpisah, Kepala DPMPD Polman, Azwar Jasin Sauru mengatakan Bupati Polman sudah menegaskan sebelum hari raya Idul Fitri semua bansos dana desa sudah dibagikan.

“Saat ini sudah 50 persen desa selesai musyawarah desa dan itu sudah bisa dicairkan, dan kita target paling lama tiga hari kedepan semua desa sudah musdes,” tuturnya. (ali)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *