19 Tahun Kabupaten Pasangkayu, Satukan Visi Membangun Bumi Vovasanggayu

  • Bagikan

PASANGKAYU, SULBAREXPRESS – 18 April 2022, Kabupaten Pasangkayu yang dulu bernama Mamuju Utara, menapaki usianya yang ke 19 tahun. Meski digelar sederhana, namun tak mengurangi kesakaralan momentum ini. Apalagi, ulang tahun kali ini jatuh pada bulan suci Ramadan. Semoga saja senantiasa dirahmati dan diberkati Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Tentu saja, sejak dilantik pada 26 Februari 2021 silam berdasarkan berdasarkan SK Mendagri Nomor: 131.76-377, tanggal 24 Februari 2021, H. Yaumil Ambo Djiwa, SH, selaku Bupati Pasangkayu bersama
Wakil Bupati Pasangkayu Dr. Hj. Herny, S.Sos, M.Si, dengan penuh tanggungjawab akan mewujudkan masyarakat Pasangkayu yang lebih sejahtera, maju dan bermartabat berlandaskan keberagaman.

Apa yang termaktub dalam visi pemimpin daerah ini senantiasa diurai dalam misinya. Pertama, Sumberdaya Manusia Berkualitas. Agenda yang akan dijalakan untuk mewujudkan itu yakni; Perluasan kualitas layanan jaminan gizi dan tumbuh kembang anak; Perluasan kualitas layanan sistem kesehatan; Perluasan kualitas layanan pendidikan; Meneruskan pengembangan desa dengan wirausaha; Menguatkan fungsi keluarga dan perempuan; dan Mengembangkan kepeloporan pemuda dalam kemajuan kebudayaan.

Kedua, Menguatkan Struktur Ekonomi Produktif dan Berdaya Saing. Misi yang kedua ini diwujudkan dengan; Menguatkan nilai tambah dari pemanfaatan infrastruktur; Mempersiapkan infrastruktur pendukung revolusi industri 4.0; Mengembangkan sektor -sektor ekonomi baru; dan Mengembangkan sektor Ketenagakerjaan.

Ketiga, Akselerasi Pemerataan Pembangunan. Hal ini pula akan diwujudkan dengan: Mengembangkan produktifitas dan daya saing UMKM Koperasi; Mengembangkan ekonomi kerakyatan; Penguatan pemanfaatan dana desa untuk mengurangan kemiskinan dan kesenjangan di pedesaan; Mempercepat penguatan ekonomi keluarga; dan Mengembangkan potensi ekonomi desa untuk pemerataan pembangunan antar wilayah.

Keempat, Ruang dan Lingkungan yang Berkelanjutan. Langkah untuk mewjudkannya yakni: Mengintegrasikan kebijakan tata ruang; dan Mitigasi pelabuhan iklim dan pengelolaan lingkungan.

Kelima, Tata Pemerintahan yang Bermartabat (Bersih, Efektif dan Terpercaya). Misi yang terakhir ini akan direalisasikan dengan: Mengembangkan aparatur sipil negara yang profesional; Sistem perencanaan, perencanaan, dan akuntabilitas birokrasi; Percepatan sistem pemerintahan berbasis elektronik; Reformasi pelayanan publik; Sinergitas penyelenggaraan pemerintahan daerah; Melanjutkan pembinaan mental spiritual; dan Penguatan pembinaan pengawasan pembangunan.

Untuk itu, di ulang tahun ke 19 Kabupaten Pasangkayu ini, H. Yaumil Ambo Djiwa selaku pemegang nahkoda kepemimpinan dan pembangunan daerah berharap, sebagai kabupaten relatif muda ini bisa meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, melakukan pelayanan kepada masyarakat, dan pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini kita masih terus berharap, seperti yang telah menjadi tujuan awal kita pada pembentukan Kabupaten Mamuju Utara melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2003, yang kini berganti nama menjadi Kabupaten Pasangkayu,” kata Yaumil.

Selain itu, bagaimana pemerintahan saat ini bisa meningkatkan ekonomi dan potensi daerah dengan memanfaatkan kondisi sosial budaya, kondisi sosial politik, jumlah penduduk, hingga luas daerah.

“Tujuan awal dari pembentukan kabupaten Pasangkayu ini, harus terus kita realisasikan. Bagaimana menjadikan Pasangkayu ini bisa lebih maju dan daya bersaing, baik itu di tingkat propinsi maupun di tingkat nasional. Tentunya dari berbagai aspek,” harapan Yaumil yang juga pencetus pembentukan kabupaten ini.

Sejurus dengan itu, Hj. Herny selaku Wakil Bupati Pasangkayu pun menyampaikan harapannya bahwa,
di umur tahun ke 19 ini, seluruh masyarakat bisa merasakan pelayanan di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, serta memberikan kemampuan dalam pemanfaatan potensi daerah.

“Saya kira apa yang telah dicapai pada pemerintahan sebelumnya harus kita lanjutkan, sesuai dengan tujuan utama pembentuk kabupaten yang di paling utara Provinsi Sulbar ini,” harap Herny.

Ia menambahkan, melalui momen ini perayaan 19 tahun Pasangkayu dengan tema ‘Maju, Mandiri dan Berkelanjutan dengan Bangkit Memaknai Setelah Covid’ untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan, dan optimis.

“Ya tentunya dengan dukungan semua Forkopimda dan seluruh masyarakat Pasangkayu yang tentunya kita sama-sama berkeinginan Pasangkayu kedepan menjadi sejahtera, itu harapan kita bersama,” tambah Istri Agus Ambo Djiwa, mantan bupati dua periode Pasangkayu. (ndi/ham)

  • Bagikan

Exit mobile version