OIAA Sulbar Gelar Halal Bihalal, KH. Nafis: Dakwah Itu Mengajak Bukan Mengejek

  • Bagikan

POLMAN, SULBAREXPRESS – Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Sulbar sukses menggelar Halal Bihalal di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Lampoko, Kabupaten Polman, Rabu 4 Mei 2022.

Kegiatan silaturahmi dalam momentum Syawal ini, menjadi bagian dari konsolidasi internal OIAA Sulbar pasca terbentuknya kepengurusan baru dibawah kepemimpinan Ust. Fachri Tajuddin, Lc,MA.

Sejumlah tokoh, ulama dan cendekiawan muslim Mandar hadir dalam acara ini, antara lain Prof. KH. Dr. Nafis Djuani, MA, Ketua MUI Ulbar.

Dalam sambutannya di hadapan belasan alumni Al-Azhar, KH. Nafis menekankan pentingnya dakwah wasatiyah (moderasi) di tengah masyarakat khususnya di tanah Mandar yang dikenal kental dengan budaya lokalnya.

Ia menambahkan, eksistensi OIAA Sulbar akan sangat diperhitungkan di masa mendatang sebagai upaya berkelanjutan dalam menebar kedamaian dakwah Islam di Indonesia.

“Dakwah itu mengajak bukan mengejek, dakwah itu mendamaikan bukan meresahkan,” jelas guru besar di bidang sastra dan bahasa Arab ini.

Dipilihnya Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash sebagai tuan rumah penyelenggaraan Halal Bihalal OIAA Sulbar, dengan sejumlah pertimbangan. Selain kemudahan akses karena letaknya yang strategis berada di sisi jalan trans Sulawesi, pesantren yang didirikan oleh H. Zikir Sewai itu saat ini dipimpin oleh Ust. Ihsan Zainuddin, Lc, Dipl, yang juga jebolan Al-Azhar Kairo Mesir.

“Suatu kehormatan besar, Pondok Pesantren Al-Ikhlash dikunjungi oleh para ulama, guru, senior alumni Universitas Al-Azhar,” jelas Ihsan dalam sambutannya.

OIAA Sulbar menginduk ke OIAA Pusat yang diketuai oleh Dr. TGB Muhammad Zainul Majdi, peraih gelar doktoral ilmu tafsir dari Universitas Al-Azhar. Adapun OIAA Indonesia merupakan bagian dari The Word Organization For Al-Azhar Graduation yang berpusat di Kairo, Mesir.

Ulama dan Tokoh Nasional itu dijadwalkan akan melakukan lawatan ke OIAA Sulbar pada Okotber mendatang untuk mengukuhkan kepengurusan OIAA Sulbar. (*)

  • Bagikan