OPD Harus Berbenah, Persiapkan Sulbar Jadi Penopang IKN

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar Dr. Akmal Malik

MAMUJU, SULBAREXPRESS – Penjabat Gubernur Sulbar Dr. Akmal Malik menekankan kepada seluruh pimpinan OPD agar berbenah melakukan perubahan dengan membuka aksesibilitas dan menyususn data presisi. Ini penting agar Sulbar bisa berkontribusi pada hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kaltim.

Hal tersebut disampikan Akmal Malik saat memimpin pertemuan bersama seluruh pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar, Kamis 19 Mei 2022.

Ditemani Sekprov Sulbar Dr. Muhammad Idris DP, Gubernur menyampaikan meminta agar program-program kedepan diperbaiki pada dua kategori. Pertama, membuka aksesibilitas informasi yang seluas-luasnya, sehingga para investor atau jaringan lainnya mau berkunjung ke Sulbar. Kedua, mempersiapkan data yang lebih presisi.

Menurutnya, Sulbar masih sangat minim dalam hal penyebarluasan informasi ke media sosial. Sekarang ini era teknologi, tetapi Sulbar masih tidak bisa memanfaatkan hal tersebut.

“Saya ingin kita semuanya bisa fokus untuk membangun sumber daya kita yang terbatas. Saya tahu kita semua sudah bekerja sangat luar biasa dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di Sulbar,” ucap Akmal.

Selain itu, menurutnya, penyebarluasan informasi menjadi hal utama. Apalagi Sulbar kedepan memiliki posisi strategis dalam pembangunan IKN. Ia menekankan Sulbar harus menjadikan IKN sebagai alasan dasar mengapa aksesibilitas yang seluas-luasnya itu harus dibuka. IKN ini berkah bagi Sulbar.

“Saya ingin menggugah semangat anda untuk terus bekerja, itulah alasan pentingnya mengapa kita harus membangun sinergi dan tata kelola informasi yang baik,”ujarnya.

Melalui pertemuan itu, Akmal berpesan agar tidak terlalu berpacu kepada egoisme data sektoral yang masing-masing membuat dan memiliki data sendiri sendiri. Walaupun sudah ada kebijakan satu data, tapi persentasenya tidak seperti itu.

“Buatlah perubahan yang betul-betul menyentuh kepentingan masyarakat agar dapat memanfaatkan sumberdaya alam yang sudah tersedia,” tegasnya.

SSekprov Sulbar Muhammad Idris juga berpesan kepada pimpinan OPD agar apa yang menjadi keinginan gubernur bisa terwujud dalam hal penguatan data dan komitmen kerja bersama yang harus juga diperkokoh.

“Saya yakin dengan kolaborasi seluruh pihak apa yang menjadi keinginan gubenrur bisa terwujud,” tandansya. (idr/ham)

  • Bagikan