Kenang Fahmi Idris, Jusuf Kalla: Kami Satu Pemahaman Sejak di HMI

  • Bagikan
Mantan Wapres RI M. Jusuf Kalla

JAKARTA, SULBAREXPRESS – Mantan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla mengajak semua pihak mengenang , Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Bersatu pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Fahmi Idris dalam kebaikan.

Hal ini disampaikan JK saat memberikan sambutan usai shalat jenazah di rumah duka Fahmi Idris, Jakarta Selatan, Minggu 23 Mei 2022.

“Semoga almarhum husnulkhatimah,” kata JK langsung memimpin pembacaan doa sebelum jenazah dibawa ke mobil jenazah untuk dikebumikan di TPU Tanah Kusir.

JK sempat menyampaikan kenangan bersama Fahmi Idris, bersama-sama berjuang untuk membangun bangsa sejak masa kuliah dan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) hingga di Partai Golkar. “Perjuangannya lebih, kami satu pemahaman sejak di mahasiswa, HMI, dan di Partai Golkar,” kata JK.

Pada akhir sambutannya, JK mengajak semua yang hadir di rumah duka untuk mendoakan almarhum Fahmi Idris agar diterima amal ibadahnya.

Permintaan serupa juga disampaikan oleh kedua putri Almarhum Fahmi Idris, yakni Fahira Idris dan Fahrina Idris.

“Pencapaian beliau (Fahmi) adalah kebaikan hatinya, wejangannya, titel adalah pencapaian pribadi, biar beliau nikmati, sebagai manusia paling bermanfaat,” kata Fahira.

“Tolong dimaafkan kalau sepanjang hidupnya ada mengusik hati kita semua, agar beliau lapang menuju Allah. Tolong dimaafkan,” sambung Fahrina.

Almarhum Fahmi Idris dimakamkan di Flat 048 blok A1 Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu.

Sebelum dibawa ke TPU Tanah Kusir, jenazah Fahmi Idris disemayamkan di rumah duka di Jalan Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan.

Sejumlah tokoh politik hadir di rumah duka yakni Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung, dan Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel.

Profesor Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo meninggal dunia sekitar pukul 10.00 WIB. Almarhum merupakan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden BJ Habibie. Selanjutnya Menteri Perindustrian Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu (2004) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (jp)

  • Bagikan