Menjawab Pertanyaan Populer Metaverse yang Terlalu Takut Ditanyakan

  • Bagikan
Hands in a digital universe background

ANDA mungkin memiliki banyak pertanyaan populer metaverse yang selalu ingin ketahui jawabannya tetapi terlalu takut untuk mengatakannya. Simak di sini jawabannya!

Akhir-akhir ini, banyak orang yang mempertanyakan terkait Metaverse. Berdasarkan hubungan Anda terhadap game dan kecerdasan buatan atau AI, metaverse mungkin akan menghasut ketakutan terhadap masa depan distopia atau sebuah virtual reality yang bahagia.

Anda tentunya tidak bisa mengangkat topik metaverse kepada seseorang dan mengharapkan sebuah obrolan simple. Hingga saat ini, tidak ada arti tunggal dari metaverse dan membuat kebingungan untuk banyak orang. Bagaimana data akan digunakan? Apakah hubungan virtual dapat menggantikan sentuhan manusia?

Semua orang, bahkan ahli sekalipun memiliki pertanyaan terkait metaverse. Jadi, kami memutuskan untuk menyusun pertanyaan tersebut dan menjawabnya untuk Anda.

Pertanyaan Populer Metaverse, Apa Pengertiannya?

Kita dapat memulai dari yang paling dasar. Apa sebenarnya metaverse itu? Penyair dan dan non-fungible token atau NFT artist Sasha Stiker menjelaskan mengenai metaverse hanya melalui kata-kata itu sendiri. Awalan Yunani dari “meta” memiliki arti lebih tinggi atau melampaui. Sedangkan “verse” berasal dari kata “universe” untuk mengartikan bahwa metaverse adalah dunia yang sudah melampaui saat ini.

Ya, ini adalah definisi filosofis. Mengacu ke Bumi, metaverse adalah sebuah infrastruktur teknologi yang membuat manusia untuk bergerak melebihi batasan fisik dan geografi. Gamers saat ini tidak hanya sekedar virtual-reality saja, melainkan juga untuk komunikasi online bahkan hingga konser seperti Travis Scott.

Metaverse akan meningkatkan pengalaman virtual Anda dengan mata uang digital seperti cryptocurrency dan digital aset dengan NFT.

Bagaimana Mengakses Metaverse?

Pertanyaan populer metaverse lainnya adalah bagaimana mengakses ini? Untuk berpartisipasi ke dalam metaverse, maka Anda membutuhkan uang kripto yang mumpuni. Dunia metaverse dan platform game yang paling populer dioperasikan pada Ethereum blockchain.

Untuk masuk ke dalam metaverse, maka Anda harus mendaftar blockchain yang digunakan. Berikut ini beberapa metaverse, platform game populer, dan blockchain yang mereka gunakan:

• Ethereum blockchain: Decentraland, The Sandbox, Axie Infinity.
Solana Blockchain: Somnium Space, Galactic Marketplace.
• Polygon: CryptoTanks.
• BNB Chain: MetaHero.

Bagaimana Kepemilikan di Metaverse?

Ini masih menjadi pertanyaan populer metaverse. Jika semua digital, maka bagaimana konsep kepemilikannya?

Anda dapat membayangkan sebagai pemain video game dan mengoleksi token spesial atau hadiah lain. Di dalam game, avatar milik Anda akan menyusun item tersebut di dalam tas digital. Itu adalah sebuah konsep mudah untuk semua orang yang mengoleksi koin emas saat bermain Super Mario.

Di dalam metaverse, kepemilikan akan berjalan seperti itu juga. Bedanya, kehadiran teknologi blockchain memungkinkan Anda membuat bukti transaksi. Perusahaan metaverse mencari cara untuk memperbesar definisi dari kepemilikan digital yang melebihi hadiah di dalam video game.

Konsep kepemilikan digital terbaru ini akan menjadi pilar pembentuk untuk Web 3 terbaru yang mana nantinya semua akan terikat dengan blockchain.

Bagaimana untuk Transaksi di Metaverse?

Jawaban untuk pertanyaan populer metaverse ini sangat mudah. Seperti hanya belanja online, Anda bisa mengakses toko digital metaverse dari internet. Bedanya, Anda tidak perlu terhubung dengan Google atau Facebook dan hanya perlu terkoneksi ke uang digital. Untuk melakukan pembelian, maka perlu mata uang kripto yang berlaku.

Apakah Metaverse Menyenangkan?

Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan populer metaverse ini tergantung dari definisi menyenangkan Anda sendiri. Namun, sejauh ini banyak orang yang merasa bahwa metaverse menyenangkan.

Luca Arrigo, co-founder dari Metaverse Architects mengatakan bahwa sesuatu mengenai masuk ke dalam dunia virtual dan bertemu orang baru merupakan kegiatan untuk meningkatkan pengalaman sehingga menciptakan kesempatan untuk koneksi antar manusia.

Akan tetapi, meski metaverse hanya tersedia online, bukan berarti itu hanya menetap seperti itu saja. Penyokong utama dari metaverse menekankan bahwa dunia virtual ditakdirkan sebagai suplemen dan pesona dari kehidupan nyata kita.

Arrigo juga mengatakan bahwa ia bersama temannya pergi ke Metaverse Fashion Week bersama-sama dan berbagai NFT wearable untuk avatar mereka. Menurutnya, hal tersebut menjadi bentuk ekspresi diri.

Bagaimana Cara Menemukan Hal yang Dapat Kita Lakukan di Metaverse?

Untuk menemukan sesuatu hal yang dapat dilakukan, maka Anda harus mengandalkan kata-kata yang keluar dari mulut. “Sebuah masalah besar dari metaverse jika Anda pergi ke Google dan menggunakannya sebagai tempat pencarian hal untuk kegiatan online. Kemudian, Anda akan mencari kegiatan untuk metaverse yang beragam mulai dari, acara, atau apa yang akan ditemukan di dalam pertemuan orang lain secara langsung. Saat itulah sebenarnya peristiwa di dalam metaverse sama seperti di kehidupan nyata,” ujar Arrigo.

Dalam beberapa hal, Arrigo mengatakan bahwa melakukan perjalanan di dalam metaverse sebenarnya sama saja seperti mengunjungi negara atau kota lain di dunia nyata. Anda bahkan juga bisa melakukan segala hal yang biasa Anda lakukan saat berlibur di dunia nyata, seperti TripAdvisor atau menggunakan tour guides.

Nah itulah pertanyaan populer metaverse yang mungkin ingin Anda ketahui, tetapi terlalu malu untuk menanyakannya. Metaverse sebenarnya merupakan dunia virtual yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman digital yang lebih baik dari saat ini dengan Web 3 dan sistem kepemilikan NFT di dalamnya. (*)

  • Bagikan