Popularitas Puan Haharani Mulai Ungguli Ganjar

  • Bagikan
Puan Maharani

JAKARTA, SULBAREXPRESS – Indonesia Political Opinion (IPO) membeberkan temuan bahwa popularitas Puan Maharani mengungguli kolega separtainya, Ganjar Pranowo. Hasil temuan survei yang diselenggarakan 22- 28 Mei tersebut, popularitas Puan di posisi lima besar (69,3 persen), sedangkan Ganjar yang hanya berada di posisi enam (61,4 persen).

“Dari sisi tingkat popularitas di mata responden, Puan Maharani ungguli Ganjar Pranowo, situasi ini sebenarnya membuat Puan lebih potensial terusung,” ujar Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mempublikasikan hasil survei nasional Persepsi Publik atas Konstelasi Politik Nasional dan Pemilihan Presiden 2024, Sabtu 4 Juni 222.

Di posisi empat besar popularitas, Prabowo Subianto menempati posisi puncak dengan memperoleh tingkat keterkenalan sebesar 96,2 persen. Peringkat selanjutnya Anies Baswedan 88,1 persen, Sandiaga Uno 84,0 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 71,3 persen.

“Sementara dari aspek kesukaan, posisi top lima, yaitu Yusuf Hamka 98,3 persen, TGB Muhamad Zainul Majdi 97,5 persen, Andika Perkasa 97,3 persen, Hary Tanoesoedibjo 95,1 persen, dan Dedi Mulyadi 94,0 persen, tetapi mereka ini popularitasnya kecil sekali,” terang Dedi.

Survei tersebut dilaksanakan pada 23-28 Mei 2022 dengan teknik wawancara penelitian hybrid secara tatap muka sebanyak 480 responden dan sambungan telepon. Data telepon merujuk data populasi sebanyak 196.420 yang dimiliki IPO sejak periode survei di tahun 2019 s.d 2021.

Dari total populasi tersebut terdapat 7.200 yang memungkinkan untuk menjadi responden hingga terambil secara acak sejumlah 720 responden. Dengan demikian total keseluruhan sebanyak 1.200 responden.

Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2.90 persen, dengan tingkat akurasi data 95 persen. Pengaturan pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS).

Survei ini berhasil mengambil representasi sampel yang tersebar proporsional dalam skala nasional. Dengan teknik ini setiap anggota populasi (responden) miliki peluang setara untuk dipilih atau tidak menjadi responden. Untuk menguji validitas responden, IPO melakukan spot check pada 15 persen dari total populasi sampel dan pengujian metode pra-research. (jpnn)

  • Bagikan