Akmal Sepakat dengan Pemilik Sriwijaya Air Buka Rute Jakarta-Mamuju-Balikpapan

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama pemilik Sriwijaya Air Hendry Lie dan Direktur Niaga Sriwijaya Air Henoch Rudi Iwanuddin, serta Ketua Jakarta Tourism Forum Salman Dianda Anwar -- ist --

JAKARTA, SULBAREXPRESS – Harapan Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik membuka rute penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan, segera teralisasi.

Untuk mewujudkan rencananya itu, tak tanggungtangung, Akmal melakukan pertemuan dengan pemilik Sriwijaya Air Hendry Lie dan Direktur Niaga Sriwijaya Air Henoch Rudi Iwanuddin.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Sea Monsters Reatoran Jakarta, Senin malam 6 Juni 2022, Akmal dan pihak Sriwijaya Air sepakat membuka rute penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan.

Akmal menegaskan, pembukaa rute penerbangan terserbut sangat penting, mengingat posisi Sulbar sangat strategis dan siap menjadi penopang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Untuk itulah, Akmal siap mencari solusi terkait kendala direct flight atau penerbangan langsung dari dan keluar dari Sulbar. “Melalui kerjasama antara BUMD Sulbar dengan Sriwijaya, rute penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan akan dibuka. Dengan demikian, Sulbar mempertegas posisinya sebagai penopang pembangunan IKN Nusantara,” jelas Akmal.

Menurut dia, penerbangan langsung Jakarta-Mamuju memungkinkan dilakukan. Akan tetapi, hal tersebut terkendala dengan kondisi Bandara Tampa Padang di Mamuju yang belum tersedia stasiun pengisian bahan bakar pesawat atau jaringan pengisian avtur.

Akmal menuturkan, ada dua upaya untuk menjaga keberlanjutan penerbangan dari dan menuju Sulbar melalui Bandara Tampa Padang, yakni melalui skema subsidi atau mengkreasikan berbagai kegiatan yang membuat orang mau datang dan berkunjung ke Mamuju..

“Kami mendorong agar sejumlah event skala lokal dan nasional bisa diselenggarakan. Event yang digelar harus menarik atau memberi daya tarik untuk orang datang berkunjung ke Sulbar. Kalau okupansi penumpang pesawat banyak, subsidi tidak perlu dilakukan,” ujar birokrat yang juga menjabat Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kemendagri ini.

Diharapkan, dari pembukaan rute penerbangan tersebut, laju pertumbuhan ekonomi Sulbar juga akan semakin cepat karena telah ditopang dengan sistem transportasi yang lebih baik.

“Banyak obyek wisata, seperti spot diving yang bisa menjadi jualan pariwisata. Kalau infrastruktur seperti transportasi sudah berjalan baik. Orang makin mudah berkunjung ke Sulbar,” terang Akmal.

Sementara pemilik Sriwijaya Air Hendry Lie dan Direktur Niaga Sriwijaya Air Henoch Rudi Iwanuddin menyambut baik upaya Akmal Malik untuk membuka rute penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan. Sebab saat ini penerbangan dari dan menuju Bandata Tampa Padang di Mamuju hanya dilayani oleh pesawat ATR yang dijalankan oleh Wings Air. (*/ham)

  • Bagikan