Jenazah Putra Ridwan Kamil Ditemukan di Bendungan Engehalde Swiss

  • Bagikan
Emmeril Kahn Mumtadz, Putra Sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil

BERN, SULBAREXPRESS – Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) ditemukan. Jasad putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut di temukan di bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu pagi, 8 Juni 2022, waktu setempat.

Polisi Bern mengatakan telah menemukan orang hilang di Sungai Aare. Orang hilang itu disebut sebagai seorang warga negara Indonesia (WNI) ditemukan dalam kondisi tewas.

“Pada Rabu pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern. Dia adalah WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022,” demikian keterangan dari Polisi Bern, Kamis 9 Juni 2022.

Dikutip dari laman resmi kepolisian setempat (https://www.police.be.ch/), pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum 06:50, polisi wilayah Bern dilaporkan seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern,” demikian dalam laporan dari Kantor Kejaksaan Negeri Bern-Mittelland.

Tim ahli dari kepolisian maritim Bern menemukan Eril pada cekungan bendungan, kemudian melakukan evakuasi. Polisi memastikan sosok tersebut sudah tak bernyawa ketika ditemukan.

Dari investigasi forensik, diketahui bahwa jasad yang meninggal adalah warga negara Indonesia yang dilaporkan hilang di Aare sejak 26 Mei 2022.

“Pria berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini,” tulis keterangan tersebut.

Pencarian intensif pun dilakukan, dengan berbagai metode untuk mencari keberadaan Eril. Mulai dari melibatkan tim penyelam, drone hingga anjing polisi. “Semua penyelidikan sekarang selesai,” demikian pernyataan tersebut

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali mengajukan cuti selama 10 hari untuk pergi ke Swiss. Pengajuan cuti Ridwan Kamil itu disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kapuspen Kemendagri, Benny Irwan membenarkan adanya pengajuan cuti Ridwan Kamil tersebut.

Surat pengajuan cuti dikirim Pemprov Jawa Barat yang ditandatangani oleh Sekda Jabar. “Iya Pak gubernur Jabar mengajukan cuti kembali. Tujuan cuti adalah beliau akan pergi ke Swiss. Terhitung mulai tanggal 9 sampai 19 Juni,” kata Benny di Jakarta, Kamis 9 Juni 2022.

Pengajuan cuti Ridwan Kamil berkaitan dengan belum ditemukannya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) di sungai Aare, Bern, Swiss. “Tujuan ke Swiss ada kaitannya dengan kedukaan keluarga,” imbuh Benny.

Seperti diketahui, Eril dinyatakan hilang pada 26 Mei 2022 saat sedang berenang di sungai Aare. Kedubes RI di Bern, Swiss dan jajaran Pemerintah Bern, langsung melakukan upaya pencarian Eril. Setelah melakukan upaya pencarian pada 2 Juni 2022 lalu Ridwan Kamil dan keluarganya memutuskan pulang ke Indonesia.

Ridwan Kamil harus menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat. Meski begitu, pencarian Eril terus dilanjutkan. Keluarga besar Ridwan Kamil juga sudah menyatakan ikhlas atas kepergian Eril. (fin)

  • Bagikan