MBS Attanwir Peringati Tahun Baru Islam, Wahyun: Kita Jadikan Awal Tahun sebagai Pijakan Hijrah ke Hal yang Lebih Baik

  • Bagikan

MAMUJU SULBAR EXPRESS — Dalam rangka menyambut tahun baru Islam satu Muharram 1444 Hijriah, Pondok Pesantren Modern Tahfidzul Qur’an MBS At-tanwir Mamuju melaksanakan Pengajian Akbar bertempat di lapangan Ponpes, Sabtu 30 Juli 2022.

Pengajian tersebut dihadiri oleh orang tua atau wali santri, Pembina, Pendidik dan Tenaga Kependidikan MBS At-tanwir Mamuju.

Basir Badul, S.Pd.I, selaku Kepala SMP Muhammadiyah Mamuju mewakili Panitia menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran orang tua santri dalam memeriahkan kegiatan tahunan setiap setahun sekali kita peringati.

“Kami mewakili Panitia memohon maaf jika dalam acara ini mulai awal sampai akhir kegiatan ada kekeliruan atau tindakan yang tidak berkenan,” ucapnya.

Dalam Tausiyahnya, Kyai Dr. Wahyun Mawardi, S.Ag.,M.Pd menyampaikan dari dua belas bulan dalam Islam ada empat bulan yang diharamkan oleh Allah SWT, salah satunya yakni bulan Muharram yang saat ini kita sementara peringati.

Ada empat keutamaan dibulan Muharram diantaranya, bulan Muharram merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan, Muharram merupakan bulanya Allah, Bulan Muharram bulan mulia setelah Ramadhan, Bulan Muharram terdapat hari mulia yakni hari Asyurah dimana kita disunahkan untuk berpuasa.

Menyinggung soal Hijrah, Kyai Wahyun mengutip ayat Al Qur’an yang artinya, “Barang siapa yang berhijrah dijalan Allah maka dia akan mendapat tempat yang luas, tanah yang luas, rezeki yang banyak”

“Rata-rata yang berhasil di daerah ini adalah ia yang hijrah dari kampung halamanya untuk merantau ke Mamuju,
contohnya orang cina dan suku bugis, dimana-mana orang cina dan suku Bugis ketika hijrah kebanyakan berhasil,” ujarnya.

lebih lanjut ia menyampaikan jik ada yang kesulitan dikampung halaman harus hijrah agar bisa berhasil.

“Mari kita jadikan awal tahun ini sebagai pijakan hijrah ke hal-hal yang lebih baik, dari kelakuan buruk menjadi perbuatan yang positif,” tutupnya. (*)

  • Bagikan