Toyota BZ4X Hadir di GIIAS 2022, Perdana di Asia Tenggara

  • Bagikan

TANGERANG, SULBAR EXPRESS – Menempati area terluas, Toyota hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, Banten pada 11 – 21 Agustus.

Pada GIIAS 2022 ini, melalui strategi Multi-Pathway, Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap kepada masyarakat Indonesia, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV).

Secara special, Toyota juga mempersembahkan Toyota bZ4X sebagai langkah awal dalam mengembangkan lebih banyak lagi pilihan Battery EV ke depan. Kehadiran Toyota bZ4X di GIIAS 2022 diklaim perdana untuk kawasan Asia Tenggara.

Hal ini sekaligus menegaskan semangat dan komitmen Toyota yang selalu berupaya berpartisipasi aktif dalam mendukung pemenuhan komitmen Pemerintah Indonesia dalam menuju netralisasi karbon, termasuk usaha pengembangan industri otomotif berbasis elektrifikasi,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di panggung GIIAS 2022, Kamis 11 Agustus 2022.

Dirinya melanjutkan, hadirnya bZ4X di GIIAS 2022 merupakan wujud keseriusan Toyota dalam mendukung upaya pemerintah untuk pengurangan emisi karbon di Indonesia tidak hanya dengan menghadirkan berbagai pilihan lengkap kendaraan elektrifikasi.

Melalui pendekatan Multi-Pathway, namun juga turut serta dalam upaya mempopulerkan teknologi elektrifikasi ke seluruh masyarakat Indonesia.

Kemudian, sebagai bagian dari strategi popularisasi teknologi kendaraan elektrifikasi, Toyota juga menghadirkan EV Smart Mobility yang merupakan proyek pengembangan ekosistem elektrifikasi yang terintegrasi dengan platform mobilitas ekowisata.

Setelah sebelumnya hadir di kawasan Nusa Dua, Bali, pada Juli 2022 lalu, Toyota melakukan ekspansi proyek pengembangan ekosistem elektrifikasi tersebut ke wilayah Toba, Sumatera Utara.

Sebagai informasi juga, SUV listrik Toyota bZ4X ini diproduksi di Jepang dan Tiongkok. Secara tampilan, bZ4X punya tampang yang tergolong futuristik. Mobil ini memiliki grille heksagonal kecil di bagian bawah dan terdapat semacam insang vertikal di ujung kanan kirinya.

Mobil ini merupakan pengembangan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota. Sementara bZ adalah singkatan dari Beyond Zero dan merupakan sebutan untuk keluarga kendaraan listrik Toyota yang akan datang. Perusahaan telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X hingga bZ5X.

Secara performa, bZ4X menggunakan baterai lithium-ion 355 Volt kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

Sekali mengisi penuh baterai, mobil ini diklaim bisa melaju hingga jarak 500 km untuk tipe FWD dan 460 km untuk tipe AWD. Baterai mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW, yang mampu mengisi daya 80 persen dalam 30 menit. (jpc)

  • Bagikan