Wapres Ma’ruf Amin akan Sambut Peserta Festival Sandeq di Balikpapan

  • Bagikan

BALIKPAPAN, SULBAR EXPRESS – Sejauh ini, 33 perahu Sandeq sandar di Pulau Salissingan, Kepulauan Balabalakang, Kabupaten Mamuju, Sulbar. Satu sandeq masih dalam perjalanan menuju pulau ini.

Tengah malam nanti, para Passandeq akan melanjutkan pelayaran menuju Pantai Manggar, Kaltim.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari tim panitia Festival Sandeq yang sudah tiba di Salissingan, Selasa 6 September 2022, para passandeq sudah ada di Salissingan.

Sebenarnya, ada 35 perahu sandeq beserta perahu pattonda (perahu pendamping) berangkat dari etape Tanjung Silopo sejak 31 Agustus 2022. Namun saat transit dari Mamuju ke Pulau Ambo, para peserta menghadapi badai yang menyebabkan satu perahu rusak dan tidak bisa melanjutkan etape.

“Badai cukup besar sehingga satu perahu rusak parah sehingga harus balik ke Mamuju. Sedangkan 34 perahu sandeq dan pattonda lainnya lanjut ke Pulau Salissingan,” ujar Akmal.

Rencananya, para passandeq beristirahat di Pulau Salissingan dan akan melanjutkan rute berlayar ke Pantai Manggar. Diperkirakan mereka akan akan tiba saat Rabu siang 7 September 2022 dan akan dilakukan acara penyambutan di Pantai Manggar.

Untuk itu Akmal Malik melakukan peninjauan lokasi yang direncanakan menyambut Passandeq, baik di Pantai Manggar maupun lokasi untuk acara penyambutan pada 9 September di Pantai Balikpapan Superblock.

Acara di Pantai Manggar 7 September dilakukan seserahan oleh Penjabat Gubernur Sulbar bersama enam bupati se -Sulbar kepada Walikota Balikpapan dan Gubernur Kaltim.

Sementara pada acara 9 September seserahan dilakukan oleh lima provinsi mewakili Pulau Jawa, Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera kepada Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin.

“Kami sudah konfirmasi, wakil presiden akan hadir, dan kami juga melaksanakan profesi pada tari karya seni budaya dan sekaligus juga penyerahan simbol dukungan kepada Presiden sebagai simbol 34 provinsi di Indonesia mendukung percepatan pembangunan IKN,” ujar Akmal Malik. (*)

  • Bagikan