Disambut Walikota Balikpapan dan Pangdam VI/Mulawarman, Festival Sandeq Eratkan Sulbar dengan Kaltim

  • Bagikan

BALIKPAPAN, SULBAR EXPRESS — Festival Sandeq bertajuk ‘Indonesia Mendukung IKN’, adalah perwujudan komitmen Pemprov Sulbar mendukung IKN.

Penyambutan para passandeq ditandai dengan penyerahan seserahan oleh PenjabatGubernur Sulbar Akmal Malik beserta Bupati se- Sulbar kepada Walikota Balikpapan Rahmat Mas’ud dan Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo di Pantai Manggar, Balikpapan, Kaltim, bersama seluruh Forkopimda se Balikpapan, Rabu 7 September 2022.

Akmal Malik mengatakan, mengatakan melalui Festival Sandeq ini menjadi momentum untuk merajut silaturahmi antara sesama bangsa Indonesia khususnya Sulbar dan Kaltim.

“Sandeq merupakan mahakarya maritim Indonesia yang tidak dimiliki daerah lain, sehingga ia tidak ingin jika sandeq ini berhenti disini saja,” kata Akmal Malik.

Sandeq ini, lanjut Akmal Malik, mencerminkan banyak hal. Sandeq memiliki bentuk runcing tajam kecil tetapi nyali passandeq besar.

“Kalau tidak memiliki nyali besar tidak akan bisa sampai disini. Spirit inilah yang harus digunakan untuk menyelesaikan persoalan bangsa,” kata Akmal Malik.

Walikota Balikpapan Rahmat Mas’ud mengatakan, Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik kedatangan para pasandeq di Balikpapan.

“Karena ini momentum yang luar biasa dan kesempatan ini kita ingin mengenalkan dan mewariskan kepada generasi bagaiman mencintai laut,” kata Rahmat.

Potensinya sangat besar, lanjutnya, karena Kaltim dan Sulbar  berada  di jalur ALKI II.

“Kalau kita tidak memiliki nyali yang besar maka kita kita dapat mengarungi selat Makassar, itu menurutnya memiliki makna filosofi yang besar,” ucap Rahmad.

“Filosofi itu kalau kita yang kalau kita manfaatkan merupakan karakter bangsa kita, yang tak mengenal mundur,” tutupnya.

Momentum ini juga menurutnya menjadi ajang promosi pariwisata bahari yang ada bagi Sulbar dan Kaltim. (*)

  • Bagikan