19 Guru Besar Bertemu Nasdem, Demokrat dan PKS, Ini Pokok Bahasannya

  • Bagikan

JAKARTA, SULBAR EXPRESS – 19 guru besar yang tergabung dalam Forum 2045 bertemu dengan elit tiga parpol, yaitu Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS.

Ketua Forum 2045 Dr. Untoro Hariadi mengatakan pertemuan itu dihadiri pimpinan partai tingkat provinsi dan kabupaten kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan anggota-anggota perlemen yang mewakili Dapil DIY dari tiga parpol di Hotel Hyatt Yogyakarta, Sabtu 10 September 2022.

“Kalangan akademisi maupun parpol sama-sama memiliki concern untuk menyiapkan Indonesia menjadi lebih baik. Salah satu topik pembicarakan yang mengemuka adalah bagaimana melaksanakan restorasi kepemimpinan Indonesia guna menjawab berbagai tantangan bangsa ke depan,” ujar Untoro dalam keterangannya di Jakarta, Minggu 11 September 2022.

Forum 2045 selama ini telah melakukan kajian soal tantangan bangsa di masa depan.

“Kami menghasilkan berbagai rekomendasi yang berguna bagi para pengambil kebijakan,” katanya.

Oleh karena itu, kata Untoro, pertemuan dengan elit politik dilakukan untuk membahas bentuk-bentuk kolaborasi yang lebih konkret antara komunitas akademik (academic community) dan masyarakat politik (political society). 

Guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Chairil Anwar berharap parpol mampu menghasilkan pemimpinan bangsa yang berkualitas.

Sebab, kalangan akademisi prihatin dengan maraknya praktik politik berbiaya tinggi dalam proses melahirkan kepemimpinan di berbagai tingkatan. 

“Apakah kita akan melanjutkan kecenderungan semacam ini, ataukah segera mencarikan jalan keluar sehingga proses regenerasi kepemimpinan berikutnya tidak lagi berbiaya mahal?” ungkapnya.

Ketua DPW PKS DIY Agus Mas’udi mengakui praktik politik di Indonesia cenderung high cost. 

Dia pun meminta semua pihak harus mendorong upaya untuk mencari terobosan baru guna mengurangi biaya politik, khususnya dalam berbagai ajang kontestasi demokrasi yang bertujuan melahirkan kepemimpinan baru.

“Pada 2024, regenerasi kepemimpinan bangsa harus disukseskan. Ini merupakan agenda penting yang harus didukung oleh segenap anggota masyarakat,” lanjutnya.

Pertemuan Bakal Lanjut

Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Subardi mengatakan kegiatan dialog yang melibatkan kalangan parpol dan akademisi berdampak positif bagi kedua belah pihak. 

Dia mengusulkan agar jalinan kolaborasi antar keduanya dikelola secara berkelanjutan.

“Para pakar dari perguruan tinggi dapat menyampaikan pandangannya kepada kami, yang menjadi bahan berharga bagi kami dalam merumuskan kebijakan yang menyangkut hajat hidup orang banyak,” ujar Subardi. (jpnn)

  • Bagikan