Bocah Penjual Jalangkote Keliling di Polman Ingin Jadi Polisi

  • Bagikan

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Dika, demikian ia memperkenalkan sapan akrabnya ketika ditanya siapa namanya.

Banyak yang takjub dengan perjuangan bocah laki-laki itu berjualan jalangkote kelling usai pulang sekolah.

Meski masih duduk dibangku kelas VI sekolah dasar, Dika harus bekerja keras membantu ekonomi keluarganya. Bocah 14 tahun ini setiap hari berjalan kaki sejauh 5 Km untuk berjualan jalangkote.

Anak bungsu dari dua bersaudara ini bermodalkan semangat mencari rejeki halal. Ia berjalan kaki, keliling dari tempat tinggalnya di Desa Botto menuju desa lain di Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman, Sulbar.

“Saya sudah kelas VI SD. Saya jualan jalangkote untuk bantu mama cari uang. Nanti kalau besar saya mau jadi Polisi, ” ujarnya saat ditemui di rumahnya, di Desa Botto Kecamatan Campalagian, Jumat 7 Oktober 2022.

Dika memang memiliki sikap penyayang kepada keluarganya. Meski ia belum memiliki prestasi bidang akademik di sekolahnya, namun kiprahnya membantu orang tua mencari nafkah membuatnya menjadi spesial di mata keluarga.

Fatma, ibu kandung Dika, mengungkapkan modal berdagang jalangkote tersebut setiap harinya Rp125.000. Jika jalangkotenya habis terjual maka ia meraup keuntungan bersih Rp 50.000.

Fatma mengaku pekerjaan utama ayah kandung Dika, Yunus, hanya berkebun yang penghasilannya tidak menentu.

Fatma menceritakan sejak empat tahun lalu Dika telah jualan jalangkote keliling. Dika mulai berjualan dari siang hari setelah pulang sekolah sampai sore, kemudian malamnya Dika belajar mengerjakan tugas dari gurunya di sekolah. “Anak pertama saya itu cewek, dia bantu-bantu bikin jalangkote, ” tuturnya.

Perjuangan Dika membantu ekonomi keluarganya, sampai ke telinga Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono. Kapolres pun langaung meluncur ke rumah Dika di Desa Botto.

Setibanya di sana, Kapolres beserta rombongan memberi bantuan paket sembako kepada Fatma, ibu Dika. Selain itu Kapolres juga memberi uang tunai kepada Dika untuk keperluannya di sekolah.

“Dari Polres Polman kami silaturahmi kesini. Sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan kedepan, Dika harus tetap semangat, rajin belajar dan gapai cita-citanya. Insya Allah, Dika berbakti kepada agama, bangsa dan orang tuanya,” harapnya. (*)

  • Bagikan