Kodam XIV Hasanuddin Wujudkan Kepedulian Tangani Stunting dan Ketahanan Pangan di Kecamatan Tapalang

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso dan Ketua Persit KCK Daerah XIV/Hasanuddin Desi Totok Imam Santoso, melaksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Tapalamg, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Kamis 27 Oktober 2022.

Kunjungan ini dalam rangka Bhakti Sosial Stunting dan penyerahan alat  pertanian serda hewan ternak kepada masyarakat. Agenda yang terpusat di Kelurahan Galung, Kecamatan Tapalang, itu dihadiri sekira 700 orang.

Wakil Bupati Mamuju Ado Mas’ud menyampaikan selamat datang kepada Pangdam XIV Hasanuddin.

“Saya atas nama pemerintah daerah serta segenap masyarakat Mamuju terutama yang ada di Kecamatan Tapalang, menyampaikan selamat datang kepada bapak Pangdam,” ucapnya menyambut.

Apresiasi kepada Pangdam atas kehadirannya dengan membawa misi peningkatan ketahanan pangan yang dipusatkan di Tapalang.

Kemanunggalan TNI dengan rakyat sangat terlihat dan dirasakan oleh masyarakat, karena selain ketahanan pangan Pangdam juga membawa misi penanganan stunting di Sulbar.

Apresiasi kepada Anggota DPR RI Suhardi Duka atas bantuan alat pertanian yang diberikan kepada masyarakat Tapalang. Mengharapkan kerjasama TNI dengan Pemda tetap terjalin demi kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kab. Mamuju ini tandas wakil bupati mamuju.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso menyampaikan bahwa ia juga berterimakasih kepada pihak pemerintah daerah yang sudah memberikan waktu dan tempat, sehingga terlaksananya kegiatan ini.

“Dan saya juga berterimakasih dan jajaran sudah dinobatkan sebagai bapak dan bunda asuh anak stunting. Apresiasi kepada seluruh unsur forkopimda Mamuju dan masyarakat Tapalang atas sambutannya,” ucapnya.

Kegiatan ini terselenggara dalam rangka misi kerjasama dalam program pencanangan ketahanan pangan di Kabupaten Mamuju yang dipusatkan di Kecamatan Tapalang.

Pangdam juga mengapresiasi Anggota DPR RI Suhardi Duka atas bantuan alat pertanian dalam mendukung pemerintah meningkatkan ketahanan pangan.

“Sulbar saat ini merupakan salah satu daerah dengan stunting tertinggi di Indonesia, sehingga perlu penanganan yang cepat sesuai arahan Presiden RI sebelum adanya pergantian pada tahun 2024,” ucap Pangdam.

Pemberian bantuan dilakukan secara secara simbolis kepada ibu hamil dan anak-anak di bawah dua tahun yang beresiko stunting.

Juga dilakukan penyerahan alat pertanian dan hewan ternak dalam mendukung pemerintah meningkatkan ketahanan pangan, seperti hand traktor roda dua, pompa air, handsprayer, cultivator, sapi 20 ekor, ayam kampung lokal 500 ekor.

Usai penyerahan bantuan, Pangdam meninjau sosialisasi pengalaman butir-butir Pancasila di Kampung Pancasila Kelurahan Galung dan Peninjauan Pos-pos pemeriksaan stunting.

Hadir dalam Kegiatan tersebut Kolonel Arm. Erland Hendriatna (Asrendam XIV Hasanuddin), Kolonel Inf. Wirawan Eko Prasetyo (Asintel Kasdam XIV Hasanuddi ) Kolonel Inf. Rio Purwantoro (Kapendam XIV Hasanuddin) Kolonel Ckm dr. Adhy Sugih Arto (Kakesdam XIV Hasanuddin), Letkol Cba Margono (Danden Bekang Parepare), Risdianto Monoarfa (Sek BKKBN Sulbar), Subekhan (KejariMamuju), dan sejumlah pihak. (*)

  • Bagikan