Rektor UNM Minta Pemuda Siapkan Diri Ambil Estafet Kepemimpinan

  • Bagikan

MAKASSAR, SULBAR EXPRESS – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng memimpin upacara bendera memperingati hari sumpah pemuda yang ke-94, di Pelataran Menara Pinisi UNM, Jumat 28 Oktober 2022.

Prof Husain Syam saat membacakan Pidato seragam Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali menyampaikan Hari Sumpah Pemuda ke-94 kali ini mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Dalam sambutannya, Rektor UNM menyampaikan peringatan hari sumpah pemuda kali ini menjadi penting karena dua tahun terakhir momentumnya hilang karena adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk tidak beraktivitas diluar.

“Peringatan ini sangat penting sekali bahkan hati saya bergetar pada saat membacakan pidato seragam hasil rapat pemuda di tahun 1928 itu sudah menyatakan bersatu untuk bangsa,” ujar Prof Husain Syam.

Menurut guru besar di bidang pertanian ini, eksistensi sebuah negara selalu diwarnai dan dimotori oleh pergerakan pemuda, bukan sebuah organisasi masyarakat yang membuat perubahan untuk negara, tetapi pemuda, mahasiswa dan pelajar.

“Sebenarnya kalau kita melakukan layanan dengan baik kepada pemuda dan pelajar kita, itu sama dengan mempersiapkan para pemuda dan mengisi generasi dimasa depan,” terang Prof Husain Syam.

“Ini adalah momentum untuk mengisi masa depan, maka tunjukkan kreativitasmu dan kreasimu untuk kemudian mempersiapkan mengambil estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang,” tambahnya.

Karena itu, Rektor UNM dua periode tersebut sangat berharap peran pemuda kemudian tidak diisi dengan tindakan yang tidak ada manfaatnya, bahkan dapat merugikan masyarakat sekitar.

“Kita khawatirkan nanti pemuda tidak mengikuti perkembangan zaman dengan memahami bagaimana era teknologi berbasis digital ini bisa lebih dimengerti dan dijalankan sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan