343 Murid SDN 221 Malili Sikat Gigi Massal

  • Bagikan

MALILI, SULBAR EXPRESS 343 murid SDN 221 ikut sikat gigi massal, Rabu, 02 November 2022 yang dilaksanakan UPTD SDN 221 Malili, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel.

Kegiatan ini merupakan Bagian Program Healthier Smiles (Senyum Sehat) yang dilaksanakan oleh Yayasan Celosia Marennu Indonesia (YCMI) dan Save the Children yang didukung oleh Mars Wrigley foundation yang bertujuan untuk memastikan anak-anak bersekolah dengan sehat, mendapatkan akses kesehatan yang inklusif, serta mendorong praktik hidup sehat, baik di rumah maupun di sekolah.

Kegiatan ini merupakam kolaborasi program Healthiers Smile dengan Dinas Kesehatan Kab. Luwu Timur yang dihadiri langsung oleh Ibu Wahida Kasim, Amd.Kes Bagian UKGS Puskesmas Malili.

Sebelum pelaksanaan sikat gigi massal, beliau memberikan arahan terkait kesehatan gigi dan mulut, seperti kapan waktu penting menggosok gigi, kapan anak-anak harus memeriksakan gigi ke puskesmas.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada YCMI dan Save The Children atas perhatiannya terhadap kesehatan gigi dan mulut terutama bagi anak SD yang berada di UPTD SDN 221 Malili.

“Betapa beruntungnya anak-anakku sekalian,  kita dapat bantuan langsung yang diberikan kepada anak-anak sekalian, ada sikat gigi dengan pastanya lengkap dengan gelasnya diberikan secara gratis kepada anak-anak sekalian, ini semua agar anak-anak sekalian lebih menjaga dan memperhatikan lagi kesehatan giginya agar tidak ada yang rusak,” jelas wahida.

Beliau juga berharap anak-anak agar bisa memberi contoh kepada teman dan keluarga dirumah tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar.

Trainer sekolah UPTD SDN 221 Malili, Sahrul Saleh,A.Ma bersama Musdar  (YCMI) juga memperagakan cara sikat gigi yang benar dengan menggunakan model/Pantom gigi dengan diiringi lagu sikat-sikat gigi oleh Dokter Kecil yang telah dilatih.

Seluruh siswa memperaktekkan langsung cara menggosok gigi yang benar dengan menggunakan sikat gigi yang telah dibagikan. Anak-anak sangat antusias mengikuti sikat gigi massal ini.

Musdar menjelaskan kembali cara pengisian logsheet (kartu kontrol siswa) yang akan dipantau selama 21 Hari secara terus menerus. Hal ini penting agar menjadi pembiasaan bagi anak-anak, terutama dalam menggosok gigi dan Cuci Tangan pakai Sabun setiap hari. (palopopos)

  • Bagikan