Verifikasi Faktual Perbaikan, KPU Mamuju Minta Parpol Fokus

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Dalam tahapan menuju Pemilu 2024, KPU Mamuju menggelar rapat koordinasi verifikasi faktual perbaikan keanggotaan parpol, Rabu 9 November 2022.

Ketua KPU Sulbar Rustang menyampaikan, untuk parpol tolong diperhatikan jadwal verifikasi ini dalam rangka pemenuhan syarat, sehingga bisa memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2024.

Berdasarkan jadwal, tanggal 10-23 November dilakukan verifikasi faktual perbaikan keangotaan bagi parpol calon peserta pemilu. Selanjutnya pada 24 November sampai 7 Desember, dilakukan perbaikan lagi. Ada penentuan sampel dari KPU.

“Mudah-mudahan saat KPU kabupaten melakukan perbaikan pada 24 November sampai 7 Desember itu sudah tidak ada masalah lagi,” kata Rustang.

Kemudian, perhatikan setiap informasi yang disampaikan KPU. Kalau ada yang kurang dipahami dalam regulasi, hendaknya koordinasikan dan komunikasikan.

“Kami sering mengingatkan soal jadwal. Kita sama-sama bertanggungjawab menyukseskan pelaksanaan pemilu ini,” kata Rustang.

Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang menyampaikan, rapat koordinasi verifikasi faktual perbaikan keanggotaan parpol calon peserta Pemilu 2024.

Fokus perbaikan ini tidak lagi melihat persebaran keanggotaan parpol. Kemudian nanti ada juga penentuan sampel yang akan dicek sebagai sampel.

“Soal berapa jumlah sampelnya itu ditentukan KPU RI,” kata Hamdan.

“Kalau soal kepengurusan, itu semua sudah lengkap. Tinggal keanggotaan saja yang masih mau perbaikan. Jadi tolong teman-teman parpol memperhatikan ini,” ujar Hamdan mengingatkan lagi.

Untuk saat ini, di Kabupaten Mamuju tersisa lima parpol yang masih memerlukan perbaikan untuk selanjutnya dilakukan verifikasi faktual kembali. (ham)

  • Bagikan