Maksimalkan Pelayanan Publik, Pemprov Gelar Bimtek SP4N LAPOR

  • Bagikan

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) bagi pengelola akun SP4N LAPOR se Sulbar, di Aula Hotel Al-Ikhlas Polman, Jumat 18 November 2022.

Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) adalah salah satu pedoman peningkatan pelayanan publik yang sekarang menjadi indikator penilaian, baik itu menjadi indikator utama maupun indikator pendukung yang lain.

SP4N LAPOR juga menjadi indikator sistem pemerintahan berbasis elektronik dan indikator pendukung keterbukaan informasi publik.

Salah satu contoh indikatornya dilihat dari seberapa besar implementasi pemanfaatan aplikasi sp4n lapor dan seberapa besar tindak lanjut seluruh laporan-laporan dari aduan masyarakat yang ditanggapi oleh OPD terkait.

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemprov Sulbar Khaeruddin Anas menyampaikan, pemprov mengembangkan SP4N LAPOR sebagai upaya mendorong kemudahan bagi pegawai di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam bekerja serta mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Khaeruddin berharap peserta Bimtek
terus  meningkatkan kapasitasnya serta kepedulian terhadap pelayanan publik.

“Sekali lagi Saya tegaskan tugas kita di pemerintahan itu ada dua meningkatkan pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan dan problem kita adalah bagaimana menyelenggarakan SP4N LAPOR itu dengan baik,” pungkasnya

Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar Mustari Mula mengungkapkan, permasalahan yang terjadi selama ini dalam mengelola akun SP4N LAPOR adalah masih kurangnya respon OPD terhadap banyaknya aduan yang masuk. 

“Jadi komitmen kebersamaan kita hari ini adalah bagaimana  menggabungkan informasi itu menjadi satu pengelola akun yang baik,” tutur Mustari. (*)

  • Bagikan