Rehabilitasi RTLH Program KSAD, Dandim Tinjau Rumah Warga Kurang Mampu

  • Bagikan
Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Rachmat Yunus mengunjungi warga kurang mampu untuk didata dalam program rehabilitasi RTLH.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Komandan Kodim (Dandim) 1427 Pasangkayu Letkol Inf Rachmat Yunus, meninjau Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga miskin di Dusun Tanjung Babia, Kelurahan Pasangkayu, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, pekan kemarin.

Dandim didampingi Perwira Seksi Teritorial Letda Inf Baso Etong, Danramil 01 Letda Inf Andi Malik, dan Babinsa.

Setibanya di lokasi, Dandim berdialog dengan pemilik rumah, Sitti Asniani (80), yang merupakan warga kurang mampu dan sekarang hanya tinggal bersama cucunya.

Kepada Dandim, Asniani berharap agar rumahnya mendapat bantuan rehabilitasi. Ia mengatakan rumahnya telah berulang kali didata, namun hingga kini belum satupun yang merealisasikannya.

“Kami hanya bisa pasrah dan berharap bantuan kepada pemerintah, karena saya tidak mampu. Jangankan untuk rehab rumah, untuk makan sehari-hari saja sudah sulit. Selama ini hanya berharap bantuan sembako dari TNI dan Polri,” kata Siti.

Danramil 01 Pasangkayu Letda Inf Andi Malik membenarkan, bahwa Siti Asniani termasuk salah satu warga kategori tidak mampu. Lansia ini juga telah berdomili di Pasangkayu sejak tahun 1963 jauh sebelum Pasangkayu dimekarkan menjadi salah satu Kabupaten paling utara di Sulbar.

Sejak lama ia telah berstatus janda, dan kini sudah mulai sakit-sakitan. Ia tinggal bersama beberapa cucu dalam sebuah gubuk berdinding papan.

“Sangat tidak layak untuk dihuni. Oleh karenanya hal ini kita melaporkan kepada pimpinan dalam hal ini Dandim 1427 Pasangkayu. Dan Alhamdulillah ditanggapi. Beliau turun dan meninjau langsung,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut, Dandim menyampaikan bahwa kedatangan pihaknya saat ini untuk melakukan pengecekan sejauhmana kondisi rumah Sitti Asniani, sehingga layak mendapatkan bantuan rehab rumah. Ini juga sebagai tindak lanjut perintah dari Pimpinan dan Satuan Komando melalui program Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

“Setelah ditinjau dan melihat langsung, kami putuskan bahwa rumah nenek Sitti Asniani memang layak mendapatkan bantuan rehab rumah,” terang Dandim alumni Akmil 2003 ini.

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan rehab rumah milik Sitti Asniani akan dikerjakan secara gotong royong oleh prajurit Kodim 1427 Pasangkayu bersama warga setempat.

“Program ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI AD melalui program bapak KSAD, terhadap kondisi masyarakat pada masing-masing wilayah satuan teritorial,” jelas mantan Danden Intel Kodam Hasanuddin ini. (ndi)

  • Bagikan