Pembinaan Warga Binaan di Sulbar Harus Hadirkan Nilai Ekonomi

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pihak Lapas dan Rutan di Sulbar akan terus memberikan pembinaan kemandirian kepada seluruh warga binaan sebagai bekal berwirausaha saat kembali ke tengah-tengah masyarakat nantinya.

Pembinaan kemandirian merupakan bagian dari komitmen Kemenkumham dalam rangka melaksanakan tujuan pemasyarakatan. Olehnya, harus terus dikembangkan.

Begitu penekanan Kakanwil Kemenkumham Sulbar Parlindungan melalui keterangan resmi yang diterima kemarin.

“Pembinaan kemandirian yang ada di UPT pemasyarakatan itu terus dikembangkan, sehingga dapat menyesuaikan dengan minat para wara warga binaan,” paparnya.

Penekanan ini juga disampaikan Kakanwil Kemenkumham Sulbar saat berada di Mamasa, Selasa lalu.

Disamping itu, pembinaan harus bisa beradaptasi dengan berbagai potensi dan kekayaan alam daerah. Seperti pertanian dan perkebunan yang sangat layak dikembangkan di Mamasa.

“Pembinaan di bidang pertanian juga dapat menjadi salah satu pembinaan unggulan bagi warga binaan, disamping sangat mudah juga dapat memberikan nilai ekonomi bagi para warga binaan,” terang dia.

Parlindungan tak lupa meminta kepada warga binaan Lapas Mamasa untuk mengikuti pembinaan kemandirian berwirausaha yang diberikan para petugas dengan sungguh-sungguh.

Perkuat SDM Kesehatan Lapas

Selasa lalu, Kakanwil juga melakukan montoring sekaligus mengingatkan agar jajaran Lapas Mamasa terus berupaya meningkatkan kinerja untuk kemajuan organisasi. Apalagi, saat ini tantangan tugas semakin berat.

“Seluruh jajaran harus mampu melakukan penyesuaian perkembangan teknologi informasi,” tegasnya.

Deteksi dini dengan rutin melakukan penggeledahan kamar hunian turut menjadi penekanan Parlindungan, agar dijalankan secara berkala.

Mendukung optimalisasi Lapas Mamasa, kata dia, Kanwil Kemenkumham Sulbar berjanji mengentaskan persolan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di bidang kesehatan.

“Kami akan segera rapatkan dengan pimpinan di kantor wilayah, sehingga layanan Kesehatan warga binaan di Lapas Mamasa ini terpenuhi secara maksimal,” pungkas Parlindungan. (rls/chm)

  • Bagikan