Perkuat Pengawasan Pemilu, Bawaslu Pasangkayu Tingkatkan SDM Perangkatnya

  • Bagikan
Anggota Bawaslu Pasangkayu Syamsudin menyampaikan materi di hadapan panwas kelurahan dan desa.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS
Suskesnya pengawasan pemilu, bukan karena sudah berapa banyak pelanggaran yang ditangani Bawaslu, tetapi seberapa jauh melakukan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran.

Demikian disampaikan Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Pasangkayu Syamsudin saat menyampaikan materi di hadapan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) se Kecamatan Pasangkayu, di salah satu Warkop di Kabupaten Pasangkayu, Minggu 5 Februari 2023.

Dijelaskan juga, tugas pengawas pemilu hakikatnya ada tiga komponen besar yang harus diterjemahkan secara tepat dan terukur di lapangan, yakni pencegahan, pengawasan dan penindakan.

“Sebagai pengawas harus siap bekerja penuh waktu dan menjaga integritas, serta intens melakukan koordinasi kepada semua stakeholder untuk dapat memetakan atau mengindentifikasi setiap masalah dalam pengawasan. Praktiknya, perkuat pencegahan,” jelas Syamsudin.

Kepada pengawas di tingkat kelurahan dan desa, Syamsudin berpesan agar jaga marwah lembaga dengan bekerja sesuai peraturan perundang-undangan.

Terakhir ia menyampaikan, pengawas kelurahan dan desa agar dapat menjaga sikap, perilaku dan lisan saat berinteraksi kepada masyarakat, serta memahami landasan hukum setiap pekerjaan yang diemban.

“Mari menjaga amanah sebagai pengawas di tingkat desa. Tunjukkan integritas kita, menjalankan tugas menuju pemilu yang sukses. Karena kalian adalah ujung tombak lembaga pengawas pemilu di tingkat kelurahan dan desa,” harap Syamsudin. (ndi)

  • Bagikan