Dishub Sulbar Siapkan Posko Mudik

  • Bagikan
Terminal Simbuang Mamuju mulai dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik di Mamuju, Selasa 4 April 2023.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Dinas Perhubungan Sulbar memastikan arus mudik lebaran 2023 berjalan lancar. Posko mudik disiapkan sebagai penunjang. Termasuk pemeriksaan kelayakan angkutan umum.

Sejumlah warga saat ini mulai memadati terminal dan pelabuhan yang menjadi titik keberangkatan dan kedatangan warga di Sulbar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar Maddareski Salatin. Pihaknya telah melakukan berbagai persiapan menghadapi arus mudik lebaran tahun ini.

“Persiapannya itu sesuai protap seperti tahun sebelumnya, kami menyiapkan penjagaan di perbatasan bekerja sama dengan Lalu Lintas Polda, kami di provinsi hanya menyiapkan pos penjagaan di perbatasan Pasangkayu dan Polewali Mandar,” kata Maddareski, Selasa 4 April 2023.

Pemerintah kabupaten juga telah menyiapkan pos penjagaan khusus, tujuannya memantau arus mudik juga memastikan masyarakat dapat menikmati mudik dengan aman dan lancar.

Mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik, Pemprov juga sudah meningkatkan berbagai fasilitas agar berjalan lancar dan aman.

“Kita estimasi puncaknya itu satu hari sebelum libur, 19 April. Kita hanya antisipasi agar masyarakat yang mudik tetap mematuhi aturan yang ada,” tegas Maddareski.

Dishub Sulbar masih akan melakukan rapat lanjutan bersama pihak terkait untuk melakukan pengamanan arus mudik. Termasuk memastikan kelayakan kendaraan Perusahaan Otobus (PO).

“Pemeriksaan kendaraan rutin dilakukan oleh PO masing-masing, kita hanya mengingatkan bagaimana kelayakan angkutan setiap PO,” ungkap Maddareski.

Di lain sisi, sejumlah masyarakat masih mengeluhkan beberapa titik jalur trans Sulawesi yang tak mulus. Berlubang dan bergelombang.

Seperti diungkapkan pengendara, Edi, kemarin. Menurutnya jalan Trans Sulawesi di Majene masih sangat memprihatikan.

“Kita berharap jalan yang ada segera dilakukan perbaikan karena itu bisa membuat arus mudik terganggu,” tandasnya. (idr/chm)

Estimasi Angkutan Darat
(Periode Idul Fitri 2023)

Kedatangan
Kendaraan: 1.178
Penumpang: 22.878

Keberangkatan
Kendaraan: 1.192
Penumpang: 22.108

Sumber: Dishub Sulbar

  • Bagikan