Nahkodai Perbakin Sulbar, Arsal Aras Fokus ke Pembinaan dan Peningkatan Prestasi

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pengurus Perbakin Provinsi Sulbar resmi dilantik. Seluruh pengurus kedepan akan fokus melakukan pembinaan atlet, sekaligus melakukan penataan ulang organisasi di setiap kabupaten.

Itu disampikan Ketua Umum Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Sulbar Arsal Aras usai dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Beras (PB) Perbakin Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto, Sabtu malam 20 Mei 2023.

Joni Supriyanto mengatakan, epengurusan Perbakin Sulbar yang baru dilantik dapat melakukan konsolidasi dan fokus kepada pembinaan atlet.

“Semoga Sulbar kedepan punya atlet yang hebat, karena PB Perbakin itu tidak punya atlet, jadi atletnya Perbakin itu ada di pengprov dan kabupaten,” kata Joni.

Olehnya itu, setelah dilakukan pelantikan, Perbakin Sulbar bisa segera melakukan perbaikan organisasi di kabupaten, tujuannya untuk mengaktifkan kembali pengurus.

“Karena memang ada beberapa kabupaten yang kepengurusannya telah berakhir,” ujar Joni.

Menurutnya, perkembangan olahraga di seluruh sektor termasuk menembak ada di Jawa Barat, Sulbar pun dapat belajar dari Jawa Barat bagaimana melakukan pembinaan.

“Sulbar kalau mau mengurus olahraga yang bagus, bisa belajar di Jawa Barat. Saya tidak mengerti juga kenapa Jawa Barat bisa hebat di semua cabang olahraga,” jelasnya.

Ia mengatakan, tugas pengurus kedepan agar  mencari atlet yang potensial, itu demi peningkatan prestasi olahraga Perbakin.

“Itu sejalan dengan misi saya di periode kedua ini untuk mengangkat prestasi, artinya untuk melahirkan prestasi tidak bisa sendiri semua komponen harus terlibat, baik pemerintah,” ungkapnya.

Ia berharap, orientasi kepengurusan yang ada fokus pada peningkatan prestasi atlet. Semua harus bersama-sama berfikir bagaimana prestasi menembaknya bisa lebih baik.

Ketua Umum Pengprov Perbakin Sulbar Arsal Aras mengatakan, kepengurusan yang ada menjadi momentum melakukan perbaikan organisasi. Perbakin Sulbar mengusung moto maju dan berprestasi.

“Ini adalah mimpi kita bersama di Sulbar, karena itu untuk memajukan organisasi kita perlu lakukan evaluasi secara menyeluruh,” ucap Arsal.

Ia bersyukur, seluruh proses yang ada seperti musyawarah dan pelantikan telah berjalan dengan baik.

“Hasil rapat kerja itu ada beberapa agenda yang akan dilakukan, seperti pelaksanaan event kejuaraan, kita akan mengusung program kerja yang menyesuaikan dengan event nasional,” ujarnya.

Sehingga dengan begitu, menurut Arsal, program dapat berkesinambungan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat.

Selain itu, terkait penataan organisasi ia akan fokus melakukan pembenahan di tingkat kabupaten.

“Sebab saat ini dari enam pengkab di Sulbar tersisa satu pengkab yang aktif yaitu Polman, selebihnya sudah domisioner ini akan kita perbaiki kita menurunkan karateker,” ujarnya.

Pembinaan atlet muda juga menjadi perhatian serius, meskipun ia mengakui bahwa peningkatan prestasi yang diinginkan tidak semudah dibayangkan apalagi cabor menembak butuh pengalaman cukup panjang.

“Kita akan fokus melakukan pembinaan atlet usia muda dan berharap ada kejuaraan yang terus dilakukan seperti kejuaraan daerah dan kejuaraan nasional,” jelasnya.

Ia pun berharap dukungan dari pemerintah di Sulbar, utamanya terkait peningkatan fasilitas sarana dan prasarana. (idr)

  • Bagikan