Sulbar, Satu-satunya Provinsi Tak Punya Penerbangan Setiap Hari, Pihak Bandara: Slot Time Sudah Ada

  • Bagikan
Kesi Teknik Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Tampa Padang Salahuddin, Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, dan Danrem 142 Tatag Brigjen TNI Deni Rejeki, di area Bandara Tampa Padang.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Sulbar merupakan satu-satunya provinsi yang akses penerbangannya tidak terlayani setiap hari.

Provinsi ke 33 ini hanya memiliki satu bandara yang beroperasi, yakni Bandara Tampa Padang di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Namun tidak melayani setiap hari.

Hal itu pun menjadi fokus perhatian dari Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin metika pertamakali menginjakan kaki di provini ini. Bahkan ia mencanangkan per 1 Juni 2024 penerbangan sudah setiap hari  dari Mamuju ke Makassar.
Akan tetapi harapan itu masih menanti dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

“Satu satunya ibu kota provinsi di Indonesia yang tidak ada  penerbangan setiap hari hanya di Mamuju. Papua saja yang baru dimekarkan ada setiap hari. Kan menyedihkan,” tegas Bahtiar, Kamis 20 Juni 2024.

Dirjen Politik dan Pemerintah Kemendagri ini mengatakan, andai saja mengenai penerbangan setiap hari itu menjadi kewenangannya sudah pasti terealisasi sejak awal dia menjabat.

“Ini bukan otoritas gubernur. Coba otoritas gubernur sudah dari kemarin saya terbangkan kalau perlu pagi siang malam,” tandas Bahtiar, usai melakukan penanaman pohon di area Bandara Tampa Padang, Kamis 20 Juni 2024.

Sementara, Kepala Seksi Teknik Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Tampa Padang  Salahuddin mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan slot time penerbangan untuk pelayanan penerbangan setiap hari dengan rute Mamuju-Makassar. Selanjutnya pihak Wings akan mengajukan ke pusat.

“Sudah ada ada masuk slot time untuk Wingsnya sendiri, perhari, rutenya Mamuju-Makassar, tinggal Wingsnya lagi yang ngajukan ke kementerian untuk izin rute,” kata Salahuddin. (*)

  • Bagikan