Sulbar Rebut Dua Emas di Kejurnas Dayung

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS –  Atlet Sulbar meraih dua medali emas dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung antara Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLP/D) dan Sekolah Khusus Olahraga (KSO) yang berlangsung di Teluk Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Rabu 26 Juni 2024.

Kedua medali emas ini diperoleh dari pertandingan kategori Canoeing.  Medali emas pertama diperoleh dari nomor kayak 4 (Wk) putri 1.000 meter oleh atlet Risda, Saoda, Arsia dan Nurwahdini.

Mereka menorehkan catatan waktu tercepat yakni 4 menit 56 detik 36 second. Catatan waktu itu berhasil mengungguli atlet DKI Jakarta dengan catatan waktu 4 menit 59 detik 79 second.

Medali emas kedua diperoleh dari kelas Conoe (Mc 2) putra 1.000 meter dengan atlet M. Arief dan Rahmat.

Mereka mencatatkan waktu tercepat, yakni 4 menit 50 detik 01 second, mengalahkan peserta lain dari PPLP Riau di peringkat kedua, dan PPLP Jambi.

Kepala Dispora Sulbar Safaruddin Sanusi DM yang menyerahkan langsung dua medali emas kepada atlet dayung Sulbar ini.

Safaruddin menyampaikan rasa syukur atas medali yang diraih, meskipun hanya 8 atlet dayung putra dan putri yang ikut pada Kejurnas Dayung 2024 ini.

“Dari delapan atlet yang ikut Kejurnas, kita ikuti tujuh nomor pertandingan. Dan sebanyak enam nomor masuk final. Alhamdulillah, kita dapat dua medali emas,” sebut Safaruddin Sanusi DM usai penyerahan medali.

Menurutnya, dua medali emas yang diperoleh atlet Sulbar merupakan prestasi yang luar biasa. Apalagi, banyak provinsi yang belum berhasil membawa pulang medali.

“Bayangkan, enam orang masuk final. Dua atlet kita gagal karena perahunya terbalik sebelum finish. Padahal kita target tiga nomor pertandingan yang bisa dapat medali. Tapi hasilnya sudah luar biasa. Ada beberapa provinsi yang tidak sama sekali mendapatkan medali emas,” ungkapnya.

Karena itu, Safaruddin menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet, pelatih dan orang tua para atlet yang data memberikan semangat.

“Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para atlet, orang tua atlet dan para pelatih. Dan atas nama Pemprov Sulbar juga mengapresiasi seluruh pihak atas suksesnya penyelenggaraan Kejurnas dayung 2024 ini,” ucapnya.

Safaruddin juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, seperti Polda Sulbar, Korem 142 Tatag, Polairud, Lanal Mamuju, Basarnas, BNPB, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinsos, BMKG dan sebagainya.

“Berkat dukungan dan bantuan dari semua pihak semua berjalan lancar. Kalau tidak bersinergi tidak mungkin bisa berjalan lancar. Juga kepada masyarakat Mamuju yang datang menyaksikan dan memberi support kepada para atlet kita,” tutup Safaruddin. (*)

  • Bagikan