Ingin Tingkatkan Kinerja Pemprov Sulbar, Bahtiar Minta Masukan BPKP

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin saat melakukan pertemuan dengan Kepala Perwakilan BPKP Sulbar Harry Bowo.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin sedang berupaya melakukan perbaikan kinerja Pemprov Sulbar, baik dari sisi pengelolaan keuangan sampai pelaksanaan program pembangunan.

Salah satu langkah awal yang dilakukan, yakni dengan melakukan pertemuan dengan pihak Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulbar.

“Saya menyempatkan waktu untuk silaturahim, sebagai orang baru di sini. Sebenarnya sudah lama saya agendakan, cuman waktunya baru bisa terwujud hari ini. Walaupun secara personal dan kelembagaan, sebelumnya saya sudah sering interaksi kawan-kawan BPKP,” kata Bahtiar Baharuddin, Rabu 17 Juli 2024

Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, BPKP merupakan salah satu lembaga negara yang bergerak di bidang pengawasan internal pemerintah. Baik itu soal keuangan maupun program-program yang dijalankan pemerintah.

“Jadi misalnya nih, bagaimana mensinergikan program nasional, pusat, provinsi, kabupaten hingga desa. Nah, kan yang bisa melakukan itu kan harus ada pengawasan. Memastikan apa yang direncanakan, terkoneksi dari pusat sampai desa. Misalnya penanganan kemiskinan ekstrim, yah kan, dikerjakan tidak dari semuanya sampai level bawah. Penanganan stunting, kan gitu, dibanding yang lain-lainnya gitu,” ungkapnya.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu juga mengungkapkan, keberadaan BPKP untuk memastikan apakah pelaksanaan pemerintahan tetap fokus untuk mencapai tujuan dengan tahapan yang sesuai tata kelola keuangan dan program yang bermanfaat bagi masyarakat. 

“Jadi, keberadaan BPKP kami pastikan akan mendukung perbaikan kinerja Pemprov Sulbar. Maka saya datang kesini supaya kami juga mendapat masukan dari teman-teman BPKP dan apa sih yang seyogyanya harus dilakukan oleh pemprov hari ini dan kedepan,” ujar Bahtiar.

“Saya akan nanti diskusi mendalam, apa sih yang sudah juga dilakukan yang positif yang harus kita lanjutkan yang menurut hasil pengawasan dari kawan-kawan BPKP. Jadi, yang lalu bagaimana yang bagus kita pertahankan, tentu ada hal-hal baik atau yang lalu harus kita menjadi atensi khusus perbaiki juga,” pungkas Bahtiar.

Kepala Perwakilan BPKP Sulbar Harry Bowo mengaku bangga atas kunjungan Pj Gubernur Sulbar di kantornya. Ia pun menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan fungsi pengawasan terhadap pembangunan di Sulbar.

“Tentunya kami juga sejalan dengan apa yang disampaikan beliau untuk mengawal pembangunan di Sulbar, seperti kemiskinan ekstrim, stunting. Tadi sudah kami sampaikan hasil dari pengawas kami, dan besok rencananya kami juga akan secara detail menyampaikan apa-apa yang sudah bagus diteruskan dan apa-apa yang bisa dilakukan perbaikan untuk ditindaklanjuti oleh Pemprov Sulbar,” tutur Harry Bowo. (*)

  • Bagikan