Kapal Mitra Pesisir Rute Barru-Kaltim Hilang di Perairan Mamuju

  • Bagikan
Pihak Basarnas Mamuju melakukan pencarian terhadap KLM Mitra Pesisir yang hilang di perairan Mamuju.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Kapal Layar Motor (KLM) Mitra Pesisir rute Kabupaten Barru, Sulsel, menuju Pelabuhan Batu Putih, Berau, Kaltim, hilang di perairan Mamuju, Sulbar.

Kronologinya, pada Hari Selasa 16 Juli 2024 sekira pukul 23.00 Wita, KLM Mitra Pesisir dengan person over board (POB) 6 orang yang hendak melakulan pelayaran dariPelabuhan Barru menuju Pelabuhan Batu Putih, mengalami kerusakan mesin di perairan Mamuju.

Kru kapal sempat menghubungi pihak keluarga sebelum mengalami lost contact. Akan tetapi situasi itu tidak tidak dilaporkan ke agen kapal. Setelah tujuh hari lost contact, pihak agen kapal baru mengetahui dan melaporkan ke Basarnas dan mohon bantuan SAR.

Sesuai data dari Basarnas Mamuju, diketahui ciri-ciri tersebut berwarna biru putih, GT-104.

Data korban yakni: Muh. Yusuf (60 tahun), Ikbal (32 tahun), Abidin (54 tahun), Amir (40 tahun), Hendra (38 tahun), dan Hartono (42 tahun).

Senagai upaya pencarian, Basarnas Mamuju melakukan pencarian dengan melibatkan kru KN SAR Parikesit. Tim Rescue Kansar Mamuju, Lanal Mamuju, Polair Polresta Mamuju, BPBD Mamuju, PSC 119 Mamuju, Aparat Desa setempat, dan Bidokkes Polda Sulbar.

Dalam melakukan pencarian mereka dilengkapi 1 Unit KN SAR Parikesit, 1 Unit Sea Reader, 1 Unit Dmax Double Cabin, Pal. Navigasi, Pal. Komunikasi, Pal. Medis, dan Pal. Evaks.

Di laut, kecepatan angin pada kisaran 2-40 Km/jam, arah angin dari tenggara ke barat laut, jarak pandang 8 Km, dan cuaca berawan. (*)

  • Bagikan