Pasca Diterjang Banjir, TMMD ke 121 Kodim 1402 Polman Sasar Desa Riso

  • Bagikan
Pelaksanaan program TMMD di Desa Riso, Kabupaten Polman.

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Pasca diterjang banjir tahun 2022 lalu yang menyebabkan 60 rumah warga terdampak dan 8 rumah warga rusak parah di Desa Riso, kini TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 kodim 1402 Polman menyasar wilayah tersebut.

Program ini hadir dengan sasaran fisik pembuatan bronjong dan normalisasi sungai sepanjang 430 meter, termasuk pengerasan jalan sepanjang 405 meter.

“Melihat kondisi sungai yang begitu dangkal sangat membahayakan masyarakat sekitar bantaran sungai ketika hujan lebat, sehingga perlu dilakukan penanganan segera dengan menormalisasi sungai dan memasang Bronjong,” kata Dansatgas TMMD ke 121 Kodim 1402 Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan, Kamis 25 Juli 2024.

Menurutnya, kondisi sungai sangat memperihatinkan dan menyebabkan masyarakat di bantaran sungai khawatir ketika hujan lebat di pegunungan. Karena seketika bisa saja banjir besar.

“Itulah alasan kenapa wilayah ini menjadi sasaran TMMD ke 121 Kodim Polman tahun ini,” kata Sabar Chandra.

Hari pertama setelah pembukaan TMMD, capaian untuk pemasangan bronjong sudah cukup banyak karena sebagian sudah dikerjakan pada saat pra TMMD dua pekan sebelum dibuka.

“Kita juga mengharapkan doa dan dukungan masyarakat Polewali Mandar khususnya Desa Riso agar cuaca tetap mendukung, sehingga pelaksanaan berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Sementara Ulla, warga Desa Riso, menyambut gembira dan semangat karena desanya menjadi sasaran TMMD.

“Kita sangat bahagia dengan kehadiran bapak-bapak TNI membuat bronjong dan memperbaiki sungai. Selama ini kami semua khawatir ketika hujan deras bahkan harus mengungsi ke rumah kerabat karena takut terjadi banjir,” ungkapnya. (*)

  • Bagikan