Penerbangan Mamuju-Balikpapan per 1 Agustus Tertunda, Pemprov Sulbar Kecewa dengan Sikap Pihak Maskapai

  • Bagikan
Kepala Dinas Perhubungan Sulbar Maddareski Salatin.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Rute penerbangan Mamuju, Sulbar, ke Balikpapan, Kaltim, yang direncanakan 1 Agustus 2024, tertunda.

Padahal sudah disediakan slot dari pemerintah pusat, termasuk Pemprov Sulbar sendiri telah siap untuk memenuhi persyaratan dari pihak maskapai penerbangan.

Namun, maskapai Wings Air yang semula telah menyepakati membuka jalur Mamuju-Balikpapan kali ini kembali menundanya. Respon pihak maskapai Wings Air terhadap upaya Pemprov Sulbar menghadirkan pelayanan penerbangan setiap hari belum dapat direalisasikan.

Pemprov Sulbar menilai hal ini  menjadi preseden buruk atas respon dari pihak maskapai dan menimbulkan kekecewaan dari publik Sulbar.

Kepala Dinas Perhubungan Sulbar Maddareski Salatin mengatakan, sementara ini penerbangan tertunda

“Sementara ini penerbangan tertunda (per 1 Agustus) untuk penerbangan perdana Balikpapan Mamuju.  Karena maskapai penerbangan sampai sekarang belum memasukkan terkait dengan kesiapan penerbangan tersebut,” kata Maddareski, Rabu 31 Juli 2024.

Walaupun, lanjut Maddareski, pihaknya telah melakukan klarifikasi ke kementerian untuk memastikan segala persyaratan untuk layanan tersebut.

“Setelah kami klarifikasi pada prinsipnya izin terbang sudah siap diproses melalui Direktur Angkutan Udara. Itu tidak masalah,” ucap Maddareski.

Atas penundaan layanan ini, menurut Maddareski, tentu akan membuat masyarakat kecewa. Sebab itu Pemprov Sulbar atas arahan Pj Gubernur Sulbar kembali akan bersurat ke Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara, sebab tertundanya penerbangan tersebut berpengaruh pada mobilitas keluar masuk warga yang telah mulai mendiami IKN.

“Pertama pihak maskapai sudah dua kali menjanjikan, di Agustus ini dari Kementerian mengeluarkan slot time itu berdasarkan permintaan pihak Wings. Namun sampai sekarang belum dilakukan,” kata Maddareski.

Selain itu meminta kepada pihak maskapai Wings Air agar memberikan perhatian terhadap pembukaan rute setiap hari tersebut. Mengingat Sulbar sebagai salah satu daerah penyangga IKN.

Apalagi, lanjut Maddareski, dengan berkantornya Presiden Jokowi di IKN, maka perlu atensi memberikan dukungan untuk Sulbar.

“Banyak hal yang bisa dilakukan terkait dengan rute tersebut,” ucap Maddareski.

Kedua, Pemprov Sulbar juga menekankan terkait apa yang sudah dijanjikan kepada Pemprov Sulbar terkait pembukaan layanan penerbangan tersebut.

“Ini kan dari permintaan Wings Air sendiri, ternyata pihak maskapai sendiri yang belum siap. Ini menjadi  preseden buruk, sebab kita sudah menyampaikan ke publik per 1 Agustus sudah siap, masyarakat tentu akan kecewa,” pungkasnya.

Sementara itu pihak Bandara Tampapadang Mamuju menyatakan bahwa pihaknya telah siap sejak dulu untuk melayani sesuai dengan jadwal operasional bandara. (*)

  • Bagikan