Di Hadapan Jokowi, Bahtiar Ajukan Tiga Permohonan

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin berjabat tangan dengan Presiden Jokowi di IKN.

IKN, SULBAR EXPRESS – Selasa 13 Agustus 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah di Istana Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hadir dalam raker tersebut kepala daerah didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin termasuk hadir diantara para kepala daerah gubernur se- Indonesia. Melalui kesempatan tersebut, Bahtiar telah mengusulkan tiga poin yang menjadi aspirasi masyarakat Sulbar.

Ketiga pokok penyampaian tersebut yakni mengusulkan membuka konektivitas penerbangan Mamuju sebagai Ibukota Sulbar dengan IKN, baik melalui Bandara Sepinggan  Balikpapan maupun melalui Bandara Samarida.

Selanjutnya, kata Bahtiar membuka konekvitas laut dan menambah jumlah angkutan orang dan barang dari Sulbar ke IKN atau sebaliknya. Selain itu di hadapan pejabat teras negeri ini, Bahtiar bermohon agar dibangunkan pelabuhan kontainer.

“Mohon pembangunan kontainer di Sulbar. Sebab hingga saat ini Sulbar belum memiliki pelabuhan kontainer sehingga arus logistik ke Sulbar maupun ke luar Sulbar kesulitan, pentingnya pelabuhan kontainer agar hasil bumi darat, hasil alam dan hasil laut sulbar bisa dikirim ke IKN,” ujar Bahtiar.

Sebab pelabuhan kontainer juga sebagai syarat utama untuk mendukung tumbuh kembangnya hilirisasi industri hasil alam di Sulbar.

Sebelumnya, Bahtiar Baharuddin hadir di IKN sejak Senin 12 Agustus 2024. Rencananya ia akan bertolak ke Sulbar Rabu 14 Agustus 2024 usai menghadiri raker di IKN. (*)

  • Bagikan