Berkontribusi dalam Penilaian EPSS, Diskominfopers Sulbar Dapat Penghargaan BPS

  • Bagikan
Disaksikan Sekprov Sulbar Muhammad Idris, Kepala BPS Sulbar Tina Wahyufitri menyerahkan penghargaan kepada Kepala Diskominfopers Sulbar Mustari Mula.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Dinas Kominfopers Sulbar menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar. Itu lantaran OPD yang satu ini berkontribusi dalam penilaian evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS).

Penghargaan ini diberikan dalam acara yang berlangsung di Grand Maleo Hotel Mamuju, Rabu 14 Agustus 2024.

Penghargaan ini diserahkan Kepala BPS Sulbar Tina Wahyufitri kepada Kepala Diskominfopers Sulbar Mustari Mula sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif dinas ini dalam memastikan bahwa data statistik yang dihasilkan dan dikelola sesuai standar.

Penilaian evaluasi yang dilakukan oleh BPS ini bertujuan meningkatkan kualitas dan akurasi data statistik sektoral yang sangat penting untuk perencanaan dan pengambilan keputusan di tingkat daerah.

Tina Wahyufitri menjelaskan, EPSS merupakan kegiatan evaluasi yang memotret sinergi dalam penyelenggaraan statistik. Diperlukan koordinasi dan kolaborasi bersama seluruh stakeholder dalam penyelenggaraan kegiatan statistik guna menghasilkan data statistik yang berkualitas. Untuk itu akan dilakukan diskusi bersama perwakilan OPD terkait pelaksanaan EPSS dan pembinaan statistik sektoral.

“Kami sangat berharap partisipasi aktif dari papak ibu perwakilan OPD untuk memberikan saran dan masukan untuk perbaikan EPSS kedepannya dan untuk meningkatkan kolaborasi dalam pembinaan statistik sektoral,” kata Tina.

“Silahkan sampaikan apa kebutuhan Bapak/Ibu untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di Sulawesi Barat,” tambahnya.

Sedangkan, Kepala Diskominfopers Sulbar Mustari Mula menerima penghargaan tersebut sangat bersyukur.

“Kami sangat berterima kasih atas penghargaan ini, yang merupakan hasil dari kerja keras tim kami yang berdedikasi untuk memperbaiki kualitas data statistik di Sulawesi Barat. Kami berharap penghargaan ini akan memotivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan berkontribusi lebih banyak lagi dalam penyelenggaraan statistik,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi dinas-dinas lain di Sulbar dalam upaya memperbaiki sistem statistik di daerah.

Penyerahan penghargaan ini disaksikan oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris. Ia menyampaikan bahwa penyelenggaraan statistik sektoral yang baik merupakan salah satu pilar penting dalam mendukung terciptanya kebijakan pembangunan yang tepat sasaran dan berbasis data.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran pemerintah daerah dan instansi terkait untuk terus berinovasi dan berkolaborasi guna meningkatkan kualitas data statistik yang kita hasilkan,” ucap Idris.

Ia juga berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi dan koordinasi antar lembaga dalam pengelolaan data dan informasi statistik sektoral.

“Saya juga mendorong seluruh instansi terkait untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang statistik, agar mampu menghasilkan data yang lebih berkualitas dan bermanfaat bagi pembangunan daerah,” tuturnya.

Diskominfoperss Sulbar dinilai memiliki komitmen dalam memastikan kualitas dan akurasi data statistik sektoral yang penting untuk perencanaan dan pengambilan keputusan di tingkat daerah. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasinya dalam meningkatkan kualitas data statistik. 

Penghargaan diberikan sebagai hasil evaluasi yang dilakukan oleh BPS terhadap pengelolaan data statistik sektoral oleh Diskominfopers Sulbar. Proses evaluasi melibatkan penilaian terhadap berbagai aspek pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data.

Dengan penghargaan ini, BPS berharap Dinas Kominfopers Sulbar akan terus meningkatkan kinerjanya dan menjadi contoh bagi perangkat daerah lain di Sulbar. (*)

  • Bagikan