Cegah Pemanasan Global, 20.000 Bibit Mangrove Ditanam di Pantai Ampallas Mamuju

  • Bagikan
Pemerintah dan masyarakat melakukan penanaman mangrove di Pantai Ampallas, Kabupaten Mamuju, Sulbar.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Masih dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 79, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin bersama Forkopimda dan masyarakat melakukan penanaman 20.000 mangrove di Pantai Ampallas, Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Minggu 18 Agustus 2024.

Penanaman mangrove ini dibalut dengan tema kegiatan “Merdeka dari Ancaman Global Warming”.

Bahtiar mengatakan, menanam pohon dalam rangka HUT RI ke 79 ini juga sebagai bentuk penghormatan terhadap pejuang yang sudah memperjuangkan negara ini.

Ia menjelaskan, menanam mangrove yang dilaksankan di beberapa titik, termasuk di Lingkungan Ampallas adalah upaya melindungi wilayah dari ancaman pemanasan global.

“Hampir seluruh dunia sekarang pemanasan global luar biasa. Bahkan BMKG sudah memperkirakan pada 2050, akibat ancaman iklim seluruh dunia mengalami pemanasan global, tanaman bermasalah, dan terjadi kerusakan tanaman. Maka dilakukan kesepakatan bahwa pemanasan global tidak boleh naik 1,4 namun naik 1,7 sehingga ini menjadi ancaman,” jelas Bahtiar. 

Atas ancaman tersebut, dunia telah sepakat mengusulkan salah satu pohon yang dianggap menjadi solusi ancaman global, yaitu mangrove.

Olehnya, lanjut Bahtiar, Sulbar bersyukur sebab memiliki 8.000 hektar mangrove.

“Ini luar biasa sehingga saya mengajak seluruh pimpinan forkopimda bersama-sama melakukan gerakan menanam mangrove. Mudah-mudahan kita bisa lakukan secara simultan, dan kita melakukan secara konsisten. Inilah wujud konkrit kecintaan kita pada bangsa ini,” ungkapnya. (*)

  • Bagikan