Bahtiar Akan Anggarkan Satu Juta Bibit Durian Musangking untuk Warga Sulbar

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin dan Sekprov Sulbar Muhammad Idris menanam pohon di Kabupaten Majene.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mebeberkan rencananya untuk menyediakan satu juta bibit Durian Musangking. Pembiayaan pengadaan bibit tersebut akan bersumber dari APBD Sulbar 2025.

Nanti bibit Durian Musangking tersebut akan dibagikan kepada masyarakat Sulbar. Sehingga, empat tahun kedepan Sulbar akan menjadi daerah penghasil Durian Musangking di Indonesia. Jenis durian ini sangat diminati oleh warga dunia terutama Tionghoa.

“Pertanian dalam arti luas mulai pangan pajale, durian, nenas, pisang cavendis, sukun dan sayur sayuran ini bagus diproduksi banyak. Sayuran kita masih banyak disuplai dari luar. Termasuk tanaman hias dan obat-obatan dan buah buahan,” kata Bahtiar saat berkunjung ke Kecamatan Malunda dan Ulumanda, Kabupaten Majene, Senin 19 Agustus 2024.

Menurut Bahtiar, dengan fokus pada sasaran tersebut maka Sulbar telah mempersiapkan kebutuhan komoditi yang saat ini diperlukan di negara maju, seperti Cina yang butuh pisang, Malaysia yang butuh durian.

“Cari tanaman yang tidak diproduksi di negara lain, seperti sukun ini tanaman endemik Sulawesi, khususnya di Sulsel dan Sulbar. Bisa tumbuh di manapun,” tutup Dirjen Politik dan Pemerintah Umum di Kemendagri ini.

Bahtiar Baharuddin bersama Sekprov Sulbar Muhammad Idris konsisten melakukan gerakan menanam pohon. Hal serupa dilaksanakan saat berkunjung ke Kecamatan Ulumanda dan Malunda.

Titik pertama, gerakan menanam di Lapangan Tasinara Kecamatan Malunda dan kedua di Desa Tandeallo Kecamatan Ulumanda. Bukan hanya Bahtiar yang ikut menanam tetapi pemerintah setempat bersama tokoh masyarakat juga ikut ambil bagian menanam pohon.

Bahtiar Baharuddin menyampaikan, dalam menjalankan tugas di Sulbar dia akan mendedikasikan diri memastikan anggaran yang bersumber dari negara menyentuh langsung kepada masyarakat. Khususnya pertanian jenis hortikultura, sebab dirinya manargetkan ada tambahan jenis tanaman lainnya yang akan mengangkat kesejahtraan rakyat Sulbar.

Menurutnya, Sulbar dengan penduduk 1,4 juta jiwa memiliki peluang berkembang lebih cepat lagi. Kuncinya harus fokus pada sasaran yang dirasakan langsung masyarakat, baik nelayan, petani dan peternak. Sehingga ia berkomitmen menyiapkan bibit atau benih kepada masyarakat agar bisa dikelola dan menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Setelah menanam pohon, Bahtiar juga menyempatkan berkunjung ke SMAN 1 Malunda, SMKB 9 Majene di Ulumanda memberi motivasi kepada siswa. Dia juga membagikan bibit pohon kepada siswa, begitu juga kepada pegawai saat berkunjung di Puskemas Ulumanda.

Bahtiar meminta kepada warga Sulbar agar mengawal isi APBD Sulbar 2025. Sebab dia juga memerintahkan pada jajaran OPD nya agar mengagarkan kebutuhan yang benar benar menyentuh kepada masyarakat. Kalau perlu beli sebanyak banyak nya kepiting, ikan nila, bibit pohon lalu bagikan kepada masyarakat.

“Masih banyak lahan kita yang kosong, tak terjamah. Lahan Sulbar ini sangat subur. Saya pastikan APBD 2025 berpihak dan menyentuh langsung ke rakyat Sulbar,” tandasnya. (*)

  • Bagikan