Survei Andalan Hati Unggul Jauh di Pilgub Sulsel, Pengamat: Itu Rasional

  • Bagikan

MAKASSAR, SULBAR EXPRESS – Dua lembaga survei baru saja mengeluarkan hasil surveinya untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2024. Duet Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) unggul dari Paket Danny Pomanto-Azhar Arsyad (DIA).

Indeks Politica Indonesia (IPI) menyebut tingkat elektabikitas Andi Sudirman-Fatma 63,4%, sementara Danny Pomanto-Azhar 22%. Sedang Lembaga survei Indikator merilis tingkat elektabilitas Andi Sudirman 46,3% dan Danny Pomanto 9,6%.

“Saya kira tingginya tingkat elektabilitas Andi Sudirman itu rasional, karena dia sudah punya tingkat keterkenalan sebagai gubernur. Apalagi selama relatif tidak ada kontroversi di masyarakat,” papar Pengamat Politik Univeristas Negeri Makassar, Muhammad Rhesa di Makassar, Senin (9/9/2024).

Dijelaskan, dalam psikologis ada yang disebut sebagai teori ‘bias konfirmasi. Dalam teori ini, jika masyarakat tidak merasa menemukan alternatif (pemimpin) yang memang lebih bagus, maka memilih yang lain itu dianggap lebih berisiko. “Sehingga inilah yang secara psikologis membuat masyarakat lebih memilih Andi Sudirman Sulaiman,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi bisa disebut sebagai figur dengan basis pendukung cukup kuat.

“Fatmawati Rusdi punya basis di Ajatappareng seperti Kabupaten Sidrap, Pinrang, Parepare, serta Dapil 3 Sulsel yang merupakan basis dari suami Fatma, yakni Rusdi Masse,” tuturnya.

“Terlebih lagi Fatma terpilih di Dapil 1 (Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar). Sementara di Dapil 2 kan basis Andi Sudirman, terutama Kabupaten Bone. Jadi kekuatan ini menjadi besar,” sambung Rhesa. (*)

  • Bagikan