Pelatihan Berbasis Kompetensi, Idris: Kuncinya Sekarang Adalah Keterampilan

  • Bagikan
Sekprov Sulbar Muhammad Idris saat menutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan I pada Satpel Mamuju, Jumat 13 September 2024.

MAMUJU, SULBAE EXPRESS – “Teman-teman yang masuk di perguruan tinggi itu bagus. Ijazah itu penting, tetapi dibutuhkan sekarang ini bersertifikat kompetensi, kuncinya sekarang adalah keterampilan”.

Demikian pesan Sekprov Sulbar Muhammad Idris saat menutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan I pada Satuan Pelayanan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Satpel) Mamuju tahun 2024, Jumat 13 September 2024.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Workshop Satpel Las BLK Mamuju Sulawesi Barat di Beru-beru, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Turut hadir, Kepala Balai Besar Pelatihan vokasi dan produktivitas Makassar, Kordinator Kantor Satuan Pelayanan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Mamuju, Kadis Ketenagakerjaan Sulbar, dan Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Mamuju.

“Kita bangga dan bahagia dengan melihat tadi ada 80 orang yang sudah lulus pelatihan berbasis kompetensi,” kata Idris.

Ia menambahkan, Sulbar ini tantangannya adalah angkatan kerjanya sangat cukup tinggi, berbanding dengan lapangan kerja yang tersedia.

“Ini tantangan besar daerah ini untuk bisa naik tingkat, semakin banyak pengangguran itu semakin tidak membahagiakan daerah,” tambahnya.

Sementara itu, lanjutnya, negara yang bagus itu dimana menfasilitasi potensi dimiliki warga negaranya.

“Selamat buat teman-teman yang sudah punya sertifikat, tapi ingat tetap ikhtiar dalam membangun hubungan kerja dengan industri,” kata Idris. (*)

  • Bagikan