Buka Layanan Pengaduan, Pemkab Polman Bakal Luncurkan Halo ASSAMI

  • Bagikan

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Halo ASSAMI adalah akronim dari Aspirasi Solusi dan Sistem Aduan Masyarakat Interaktif. Layanan Pengaduan Online Halo ASSAMI ini akan dipantau langsung oleh Bupati maupun Wakil Bupati Polewali Mandar (Polman), Sulbar.

Kepala Dinas Kominfo Polman DR Aco Musaddad HM menyampaikan bahwa layanan Halo ASSAMI merupakan salah satu janji kampanye H. Samsul Mahmud dan Hj. Andi Nursami (ASSAMI) di saat kampanye sebagai calon bupati dan wakil bupati pada Pemilukada lalu.

Halo ASSAMI juga diidentikkan dengan akronim dari Aji Assul dan Andi Nursami Masdar, yang digagas Bupati H.Samsul Mahmud bersama Hj. Andi Nursami Masdar untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat.

Aco Musaddad menjelaskan, manfaat aplikasi Halo ASSAMI diantaranya adalah memudahkan masyarakat menyampaikan keluhan kapan saja dan dimana saja melalui hand phone, Kemudian meningkatkan kualitas pelayanan pengaduan masyarakat dapat ditindaklanjuti dengan cepat, tepat, dan tuntas.

“Pengaduan masyarakat dapat menjadi sumber informasi untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan pelayanan,” ujarnya.

Selain itu, kata Aco Musaddad, masyarakat dapat berpartisipasi dalam menyampaikan pengaduan dan masukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pemkab Polman. “Masyarakat juga dapat melacak perkembangan atau status aduan yang telah mereka sampaikan,” ucapnya.

Aco Musaddad mengungkapkan, program Halo ASSAMI saat ini masih dalam proses pembuatan aplikasinya di Dinas Kominfo SP Polman dan ditargetkan rampung di 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati.

“Halo ASSAMI akan mengintegrasikan dengan layanan online yang telah ada seperti E-Lapor yang merupakan layanan online yang dikelola  oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan layanan online lainnya,” tuturnya.

Aco Musaddad memaparkan program Halo ASSAMI ini akan membuka Layanan aduan online meliputi persoalan pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, dan persoalan sosial ekonomi budaya dan lainnya. Tujuannya memberikan akses kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyampaikan pengaduan, kemudian memanfaatkan pengaduan masyarakat untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kerjasama, kolaborasi dan integritas semua pihak, demi mewujudkan Polewali Mandar yang lebih baik dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik,” tuturnya. (ali)

  • Bagikan